7 Rumus Dasar Microsoft Excel Beserta Contohnya

Sawal Walker, 7 Rumus Dasar Microsoft Excel Beserta Contohnya – Tahukah anda rumus dasar microsoft excel?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang rumus dasar microsoft excel 2007 hingga versi sekarang. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai kumpulan rumus dasar excel beserta contohnya secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Rumus Dasar Microsoft Excel

Kumpulan Rumus Dasar Microsoft Excel (2007 hingga versi sekarang) Yang Wajib Dikuasai

Bekerja dengan komputer tentu bukan hanya untuk pekerja kantoran saja. Jika Anda membaca tutorial ini, tentunya Anda sudah tahu apa itu microsoft office excel.

Namun demikian, barangkali Anda bingung bagaimana cara menggunakan microsoft excel. Sebab di dalam aplikasi tersebut, Excel menyediakan banyak sekali fungsi atau rumus excel yang bisa Anda gunakan untuk melakukan kalkulasi atau perhitungan yang bermacam-macam.

Dengan menggunakan rumus-rumus excel, maka pekerjaan Anda yang biasa dilakukan secara manual akan semakin mudah jika memahami fungsi dan cara menggunakan rumus di dalam Excel.

Dari banyaknya rumus yang ada di Microsoft Excel, saya sudah merangkum daftar rumus dasar Excel yang perlu Anda kuasai, setidaknya untuk perkenalan awal serta meningkatkan produktifitas Anda saat menggunakan Microsoft Excel.

Berikut 7 rumus dasar microsoft excel yang perlu Anda kuasai:

1. Rumus SUM Untuk Menjumlahkan Nilai

Rumus Excel yang digunakan untuk melakukan penjumlahan adalah Fungsi SUM. Standar penggunaan Fungsi Sum pada excel adalah:

=SUM(Angka1;Angka2;….dst)

Jika penjumlahan tersebut menggunakan syarat atau kriteria tertentu maka yang digunakan adalah Rumus SUMIF. Sedangkan jika kriterianya lebih dari satu maka yang perlu Anda gunakan untuk melakukan penjumlahan adalah rumus SUMIFS.

2. Rumus AVERAGE untuk Menghitung NIlai Rata-rata

Untuk menghitung rata-rata nilai, fungsi excel yang dipakai adalah rumus AVERAGE. Cara menggunakan fungsi ini dalam rumus excel adalah:

=AVERAGE(Angka1;Angka2;….dst)

Jika rata-rata yang akan dihitung harus memenuhi sebuah kriteria tertentu maka gunakan rumus AFERAGEIF. Apabila kriteria yang akan diterapakan pada nilai yang dihitung rata-ratanya lebih dari satu maka gunakan rumus AVERAGEIFS.

3. Rumus MAX dan MIN Untuk Mencari Nilai Tertinggi dan Terendah

Untuk mencari nilai tertinggi atau yang paling besar gunakanlah fungsi MAX.

Cara penulisan rumus MAX pada microsoft excel adalah sebagai berikut:

=MAX(Angka1;Angka2;….dst)

Sedangkan untuk mencari nilai terendah menggunakan fungsi MIN. Cara menggunakan rumus MIN adalah:

=MIN(Angka1;Angka2;….dst)

4. Mencari Nilai Terbesar ke-? dan terkecil ke-?

Fungsi MAX dan Fungsi MIN hanya mencari nilai yang paling tinggi dan paling kecil. Jika Anda membutuhkan untuk mendapatkan nilai terbesar ke-5 misalnya, maka gunakanlah fungsi atau rumus LARGE.

Berikut cara penggunaannya di excel:

=LARGE(Angka1;Angka2;….dst)

Untuk mendapatkan nilai terkecil dalam urutan tertentu, gunakanlah fungsi atau rumus SMALL:

Cara penulisan rumus SMALL excel adalah sebagai berikut:

=SMALL(Angka1;Angka2;….dst)

5. Menentukan Ranking

Untuk mencari ranking atau peringkat nilai pada microsoft excel, rumus yang digunakan adalah Rumus RANK.

Cara memakai fungsi excel Rank ini adalah:

=RANK(Angka;RangeAngkaSemuaNilai)

6. Rumus Pencarian/Lookup

Ada banyak cara lookup atau pencarian data di excel. Namun, rumus utama yang harus dikuasai adalah Rumus VLOOKUP.

Fungsi Vlookup digunakan untuk mencari data pada kolom pertama sebuah tabel data, kemudian menghasilkan nilai pada kolom lain yang sebaris dengan posisi ditemukannya data tadi.

Cara menggunakan rumus Vlookup adalah:

=VLOOKUP(Nilaiyangdicari;TabelPencarian;Nomorkolom;Tipepencarian)

Untuk tingkat lanjut jika sudah menguasai rumus Vlookup Anda juga perlu untuk mengusai rumus INDEX dan MATCH Excel.

7. Rumus Logika

Rumus logika yg harus dikuasai adalah rumus IF Excel. Fungsi excel ini akan sangat sering dibutuhkan saat butuh melakukan uji logika. Misalnya, untuk menentukan apakah nilai seorang sudah lulus ujian atau tidak.

Cara menggunakan rumus IF Excel adalah sebagai berikut:

=IF(Logika;JikaLogikaterpenuhi;JikaLogikaTidakterpenuhi)

Untuk dapat menggunakan rumus logika ini Anda juga harus mengetahui terlebih dulu cara membandingkan sebuah data nilai diexcel. yakni menggunakan operator perbandingan excel (>, <, >=, <=, dan lain-lain).

Demikian perkenalan awal kita dengan rumus-rumus excel. Jika Anda ingin belajar dan mengusai microsoft excel lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi blog tutorial excel di Kelas Excel.

Baca juga 7 Aplikasi Edit Foto Vector di Android Gratis

Penutup

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang 7 Rumus Dasar Microsoft Excel Beserta Contohnya. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel tekno berikutnya.

Leave a Comment