Rumus Excel Penjumlahan dengan Kriteria antar Sheet

Apakah Anda sedang mencari rumus excel penjumlahan dengan kriteria beda sheet, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Semoga artikel berikut ini dapat bermanfaat.

Apakah Anda sering bekerja dengan lembar kerja Excel yang berbeda dan perlu menjumlahkan data dengan kriteria tertentu dari sheet yang berbeda pula? Jangan khawatir, Excel memiliki fitur yang memungkinkan Anda melakukan ini dengan mudah. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang rumus Excel penjumlahan dengan kriteria antar sheet, langkah-langkahnya, serta memberikan contoh konkret agar Anda dapat memahaminya dengan baik.

Pendahuluan

Rumus penjumlahan dengan kriteria antar sheet adalah keterampilan yang sangat berguna dalam analisis data yang melibatkan lembar kerja yang berbeda.

Misalnya, Anda mungkin memiliki data penjualan di satu lembar kerja dan daftar produk di lembar kerja lain. Anda ingin menjumlahkan penjualan hanya untuk produk tertentu dari lembar kerja penjualan.

Dalam hal ini, rumus ini sangat berguna untuk menghemat waktu dan usaha Anda.

Langkah-langkah Menggunakan Rumus Penjumlahan dengan Kriteria antar Sheet

Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk menggunakan rumus penjumlahan dengan kriteria antar sheet di Excel:

Langkah 1: Menentukan Kriteria dan Data Pertama

Tentukan kriteria yang ingin Anda gunakan untuk memfilter data, seperti nama produk. Selanjutnya, perlu Anda tentukan di mana lembar kerja pertama yang berisi data yang ingin Anda jumlahkan.

BACA JUGA  Cara Setting HAProxy sebagai Load Balancer

Langkah 2: Menentukan Rentang Data

Pada lembar kerja pertama, tentukan rentang data di mana Anda ingin mencari data yang sesuai dengan kriteria. Pastikan Anda telah memilih rentang dengan benar.

Langkah 3: Menentukan Sheet Kedua dan Rentang Penjumlahan

Berpindah ke lembar kerja kedua, di mana Anda ingin mengambil data penjumlahan dari kriteria tertentu. Tentukan rentang data yang akan dijumlahkan.

Langkah 4: Menulis Rumus dengan Tautan Sheet

Di sel kosong di lembar kerja kedua, tulis rumus penjumlahan dengan kriteria menggunakan fungsi SUMIF atau SUMIFS, tergantung pada kompleksitas kriteria Anda. Format umum rumusnya adalah:

Jika Anda menggunakan SUMIF:

=SUMIF(Sheet1!Rentang_Kriteria, Kriteria, Sheet1!Rentang_Penjumlahan)

Jika Anda menggunakan SUMIFS:

=SUMIFS(Sheet1!Rentang_Penjumlahan, Sheet1!Rentang_Kriteria, Kriteria)

Langkah 5: Tekan Enter

Setelah Anda menulis rumus, tekan tombol Enter. Excel akan menghitung dan menampilkan hasil penjumlahan sesuai dengan kriteria yang Anda tentukan dari sheet yang berbeda.

Contoh Penggunaan Rumus Penjumlahan dengan Kriteria antar Sheet

Mari kita lihat contoh konkret untuk lebih memahami cara kerja rumus ini.

Lembar kerja 1 (“Penjualan”) memiliki data penjualan sebagai berikut:

| A | B |

NamaPenjualan
Prod1100
Prod2150
Prod1200
Prod350

Lembar kerja 2 (“Produk”) memiliki daftar produk sebagai berikut:

| A |

Produk
Prod1
Prod2
Prod3

Anda ingin menjumlahkan penjualan hanya untuk “Prod1.” Anda akan menulis rumus di lembar kerja “Produk” sebagai berikut:

BACA JUGA  RTO (Recovery Time Objective): Pentingnya Memahami dan Mengukur Waktu Pemulihan dalam Bisnis Anda

=SUMIF(Penjualan!A2:A5, A2, Penjualan!B2:B5)

Hasilnya akan menjadi 300, yang merupakan total penjualan untuk “Prod1.”

Baca juga: Rumus Excel Penjumlahan dengan Kriteria

Kesimpulan

Rumus Excel penjumlahan dengan kriteria antar sheet adalah alat yang sangat berguna dalam pengolahan data lintas lembar kerja. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah menjumlahkan data dengan kriteria dari lembar kerja yang berbeda. Ini adalah kemampuan yang berharga untuk analisis data yang lebih canggih. Jangan ragu untuk menggunakan rumus ini untuk meningkatkan efisiensi kerja Anda dalam pengolahan data dengan Excel.