yang dimaksud garis lintang dan garis bujur adalah​

⭐Soal: yang dimaksud garis lintang dan garis bujur adalah​

⭐Jawaban:

Garis lintang dan garis bujur adalah dua komponen penting dalam sistem koordinat geografis yang digunakan untuk menentukan lokasi suatu tempat di permukaan bumi. Kedua garis ini memberikan informasi tentang letak geografis suatu lokasi dengan cara yang sangat spesifik.

  1. Garis Lintang (Latitude):
    • Garis lintang adalah garis horizontal yang membentang dari timur ke barat melintasi permukaan bumi.
    • Garis lintang diukur dalam derajat (°) dan terletak pada jarak utara atau selatan dari garis khatulistiwa (Equator).
    • Garis khatulistiwa sendiri adalah garis lintang utama yang berada di tengah-tengah bumi dan memiliki nilai lintang 0°.
    • Garis lintang di utara khatulistiwa diberi tanda positif, sedangkan yang di selatan khatulistiwa diberi tanda negatif. Sebagai contoh, Jakarta terletak di sekitar 6° Lintang Utara.
  2. Garis Bujur (Longitude):
    • Garis bujur adalah garis vertikal yang membentang dari utara ke selatan melintasi permukaan bumi.
    • Garis bujur diukur dalam derajat (°) dan terletak pada jarak timur atau barat dari meridian nol, yang dikenal sebagai Garis Bujur Nol (Prime Meridian).
    • Garis Bujur Nol, yang secara internasional disetujui berada di Greenwich, Inggris, memiliki nilai bujur 0°.
    • Garis bujur di timur Garis Bujur Nol diberi tanda positif, sedangkan yang di barat diberi tanda negatif. Sebagai contoh, New York terletak di sekitar 74° Bujur Barat.
BACA JUGA  Suatu kompetensi yang harus dimiliki sebelumnya dapat ditentukan dengan cara melihat skkni pada bagian

Gabungan antara garis lintang dan garis bujur memberikan koordinat geografis yang unik untuk setiap titik di permukaan bumi, sehingga memungkinkan seseorang untuk dengan tepat menentukan lokasi geografis suatu tempat. Sistem koordinat ini adalah dasar bagi semua peta dan sistem navigasi, serta digunakan luas dalam geografi, ilmu bumi, dan sejumlah aplikasi lainnya.