NEWSLETTER

Cara Baca Grafik Google Trends

Sawal Walker, Cara Baca Grafik Google Trends – Tahukah anda cara membaca grafik Google Trends?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang cara baca grafik Google Trends. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai cara baca grafik Google Trends secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Google trends merupakan tools dari Google yang wajib kamu pelajari jika ingin mendapatkan page one di halaman Google. Fungsi dari Google trends adalah untuk melihat data yang sedang trending secara online. Google trends sering di gunakan untuk riset keyword sebelum membuat konten artikel. Bagi pemula cara membaca grafik Google trends mungkin terlihat sulit.

Membaca grafik Google trends memang membutuhkan sedikit ketelitian agar hasil yang di dapat bisa maksimal. Jangan asal-asalan untuk membaca data Google trends, karena yang sedang trending saat ini belum tentu beberapa hari kedepan akan tetap trending. Jadi intinya sebelum riset keyword menggunakan Google trends kamu harus bisa membaca grafik dulu, agar keyword yang kamu targetkan bisa bertahan dalam jangka waktu lama.

Cara Membaca Grafik Google Trends

Data grafik pada Google trends akan berubah setiap harinya itu karena di pengaruhi oleh hal-hal yang sedang trending saat ini.

Untuk kamu yang ingin memanfaatkan Google trends sebagai alat untuk riset keyword, berikut adalah cara baca grafik Google trends.

1. Memasukan Kata Kunci

Cara Baca Grafik Google Trends

Langkah pertama sebelum membaca grafik pada Google trends adalah memasuka kata kunci pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Disini saya akan mencoba memasukan kata kunci “Asian Game” Setelah kamu klik search, maka hasil data pencarian oleh orang-orang di Google Search dengan menggunakan kata kunci “Asian Game” akan muncul.

Namun disini Google trends tidak menampilkan hasil hitungan secara rinci jumlah pencarian yang di lakukan user dengan kata kunci “Asian Game”.

Jadi kamu masih perlu untuk melakukan pengaturan agar hasil yang di dapatkan bisa lebih maksimal.

2. Atur Bagian Lokasi dan Waktu

Cara Baca Grafik Google Trends

Karena target adalah pencarian dari orang Indonesia, maka maka kamu harus melakukan pengaturan lokasi dengan mengubahnya menjadi Indonesia.

Selanjutnya kamu juga bisa melakukan pengaturan pada waktu, ubah sesuai dengan yang kamu inginkan, biasanya orang memilih jangka waktu 12 blan sebelumnya.

3. Membaca Hasil

Cara Baca Grafik Google Trends

Langkah yang paling penting dalam tutorial ini adalah membaca hasil grafik yang di tampilkan oleh Google trends.

Dari gambar tersebut bisa di lihat persebaran pencarian kata kunci “Asian Game” untuk wilayah Indonesia. Mari kita coba baca data grafik pencarian tersebut.

Perhatikan gambar kedua yang menampilkan hasil pencarian berdasarkan kota di Indonsia. Kota Cikande menjadi urutan pertama untuk hasil pencarian kata kunci “Asian Game” disusul dengan kota Subang, Palembang, Cilegon dan Jambi.

Bagi orang yang baru pertama kali menggunakan Google trends, pasti akan mengira jumlah pencarian “Asian Game” di kota Cikande lebih banyak di bandingkan kota Palembang.

Padahal belum tentu, meskipun skor pencarian di kota Cikande 100 dan kota Palembang 78.

Hal tersebut di karenakan jumlah persentasi di lihat dari penduduk yang tinggal di kota tersebut. Jika dilihat dari demografi, kota Palembang memiliki luas yang lebih besar dibandingkan kota Cikande, maka bisa di simpulkan kalau jumlah penduduk di Palembang lebih banyak dari Cikande.

4. Related Queries

Cara Baca Grafik Google Trends

Setelah berhasil membaca data grafik dari Google trends langkah terakhir adalah melihat kata kunci yang berhubungan dengan kata kunci utama.

Jadi disini Google trends juga akan menampilkan hasil kata kunci yang berkaitan dengan “Asian Game”. kata kunci tersebut bisa di bilang sedang naik atau menjadi trending juga.

Baca juga Cara Membuka Google Trends yang Blank

Penutup

Nah, bagaimana sekarang kamu sudah mengerti cara membaca grafik Google trends yang benar? Manfaatkan tools gratis dari Google ini sebagai alat untuk riset keyword atau mengetahui topik yang sedang trending untuk di jadikan sebuah konten yang berkualitas.

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang cara baca grafik Google trends. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel google trends berikutnya.

You May Also Like

Sawal Walker

About the Author: Sawal Walker

Ketika Allah memberikanmu nikmat secara finansial, jangan naikkan standar hidupmu, melainkan tingkatkan standarmu dalam berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *