5 Cara Belajar Berenang Dengan Mudah

By | July 6, 2019

Sawal Walker, Cara Belajar Berenang dengan Mudah. Berenang merupakan sebuah olahraga yang sangat menyehatkan. Berenang baik untuk usia berapapun, dari balita hingga lanjut usia. Bahkan banyak terapi fisiologis yang menggunakan berenang sebagai senjatanya. Sayangnya, tidak semua orang bisa berenang. Nah, artikel ini akan berbagi bagaimana cara belajar berenang dengan mudah.

Cara Belajar Berenang Dengan Mudah

Yang Perlu Diperhatikan Saat Belajar Berenang

Banyak yang mengira bahwa cara belajar berenang adalah soal teknik. Anggapan ini sebenarnya sangat salah. Karena yang penting dalam berenang adalah kondisi mental dan pikiran kita. Teknik urusan belakangan.

Mental kita harus selalu “berenang”, yaitu berani dan tenang. Karena secara hukum fisika, air akan memberikan gaya angkat ke atas kepada tubuh kita. Andai kita berani untuk bersikap tenang saja, itu sudah menyelesaikan setengah masalah.

Kapan Sebaiknya Belajar Berenang?

Berenang seperti halnya keterampilan hidup yang lain. Karena itu waktu terbaik mempelajari cara belajar berenang adalah ketika mulai dapat mengendalikan gerak motorik, yaitu ketika masih balita.

Semakin dini mulai, semakin mudah keterampilan ini dilatih karena tubuh masih sangat lentur. Semakin tambah usia, selain gerakan tubuh bertambah kaku, mental juga semakin sulit dikendalikan.

Namun bukan berarti setelah dewasa tidak bisa belajar berenang. Meski gerakan agak kaku, tapi ketenangan mental biasanya lebih mudah dikondisikan.

Teknik dan cara belajar berenang pun relatif lebih mampu untuk meniru. Saya sendiri baru belajar berenang ketika sudah dewasa, karena trauma semasa kecil pernah hampir tenggelam di sungai akibat belajar berenang sendiri.

Bagaimana Belajar Berenang untuk Pemula?

Cara belajar berenang untuk pemula sebenarnya sederhana, karena prinsip hampir semua gaya berenang pada dasarnya serupa. Hal pertama sebelum mulai belajar berenang adalah melakukan pemanasan.

Banyak para perenang pemula yang meremehkan pemanasan, padahal ini adalah sesuatu yang sangat penting dalam belajar berenang. Pemanasan selain dapat lebih melenturkan gerakan, juga mencegah otot tubuh dari mengalami kram, yang sangat berbahaya bagi perenang.

Setelah pemanasan, selanjutnya adalah adaptasi alias pembiasaan terhadap air. Mulailah dengan menyiram-nyiram tubuh dengan air bersih, lalu dengan air kolam. Selain dapat membantu tubuh menyesuaikan diri terhadap suhu air, langkah cara belajar berenang ini juga menolong untuk mengurangi reaksi terhadap klorin atau bahan kimia lain yang ada pada kolam.

Langkah selanjutnya untuk cara belajar berenang adalah melatih teknik mengapung. Cobalah untuk mengapung dengan tenang di permukaan air. Apakah Anda sedang belajar gaya bebas, gaya katak, ataupun gaya punggung, teknik mengapung ini penting, terutama untuk mengatasi kepanikan dalam air yang sering dialami oleh pemula. Anda bisa minta bantuan teman untuk meluruskan posisi tubuh Anda agar sesuai.

Gerakan Kaki saat Belajar Berenang

Tahap selanjutnya dalam cara belajar berenang dengan mudah adalah melatih gerakan kaki. Gerakan kaki harus luwes, naik turun, dan mengalir dari pangkal paha hingga ujung kaki. Terakhir ketika di ujung kaki, gerakan diiringi dengan sedikit lecutan. Sebelumnya posisi tangan diarahkan secara lurus ke arah depan dan muka menghadap ke bawah (gaya bebas dan katak). Jika Anda sedang belajar gaya punggung, maka muka menghadap ke atas.

Khusus gaya katak, gerakan kaki mengalir bukan naik turun, tapi dari dalam ke luar. Setelah kaki ditekuk, lalu diluruskan sambil menendang ke arah luar. Jangan lupa untuk melecutkan aliran gerakan begitu mencapai ujung kaki. Dengan demikian Anda akan terdorong dengan kuat ke arah depan. Gerakan kaki dalam cara belajar berenang yang tidak disertai lecutan dengan benar, tidak akan mampu mendorong tubuh dengan kuat ke arah depan.

Tahap cara belajar berenang kemudian adalah melatih gerakan tangan. Gerakan tangan untuk teknik berenang gaya bebas bermula dari tangan yang mengarah lurus ke depan. Satu tangan kemudian mengayun ke bawah dengan kuat dan lentur sambil posisi badan agak miri ke arah tangan yang mengayun. Sambil tangan yang satu kembali ke posisi semula (ke arah depan), tangan yang satunya melakukan gerakan yang sama dengan tangan sebelumnya.

Gerakan tangan untuk cara belajar berenang gaya katak juga dimulakan dari tangan yang mengarah lurus ke depan. Kedua tangan secara bersamaan dibuka lalu ditarik ke samping-belakang. Saat ditarik ke belakang, lengan atas memukul ke bawah sehingga membantu kepala untuk berada di atas permukaan air dan mengambil napas.

Pada cara belajar berenang gaya punggung, posisi awal tangan pun serupa, mengarah ke depan (atas kepala jika muka sedang menghadap ke atas). Satu tangan kemudian mengarah ke samping dan ditarik ke arah belakang. Sambil tangan kembali ke posisi awal lewat atas, tangan satunya lagi melakukan hal yang sama (ditarik ke samping dan ke belakang).

Cara Mengambil Napas

Hal yang tak kalah penting dalam cara belajar berenang adalah teknik mengambil napas. Dalam renang gaya bebas, perenang mengambil napas ketika tubuh dalam posisi miring sehingga muka sedang di atas permukaan. Dalam gaya katak, pengambilan napas dilakukan setelah lengan atas memukul ke bawah sehingga memberikan gaya ke atas bagi kepala perenang. Sedangkan dalam renang gaya punggung, pengambilan napas dapat dilakukan kapan saja.

Yang penting untuk diingat, dalam cara belajar berenang, pengambilan napas untuk semua gaya dilakukan lewat mulut, dan dilepaskan pelan-pelan lewat hidung. Kenapa harus lewat mulut? Karena pengambilan napas adalah ketika wajah sedang berada di atas permukaan air, yang mana waktunya relatif sangat singkat. Dalam waktu sesingkat itu, akan sangat sulit untuk mengambil napas yang cukup melalui hidung. Lebih tepat untuk mengambil napas melalui mulut.

Selain itu, melepaskan napas melalui hidung dalam cara belajar berenang berguna bagi pemula agar tidak ada air kolam yang masuk melalui lubang hidung. Air kolam yang masuk melalui lubang hidung selain dapat merusak mukosa,juga lebih rawan untuk masuk ke dalam saluran napas (tenggorokan) daripada air kolam yang masuk melalui mulut.

Belajar Berenang untuk Balita

Prinsip utama dalam cara belajar berenang untuk balita adalah menyenangkan. Karena kalau tidak menyenangkan, mereka akan malas melakukan. Sebaliknya jika menyenangkan, maka belajar berenang juga lebih cepat mahir dan terampil. Tidak usah terlalu dipaksakan, cukup sediakan alat bantu seperti balon kecil khusus untuk kepala dan lengan.

Biasanya balita akan berusaha sendiri untuk menendang-nendang kaki dan menggerak-gerakkan tangan agar mengapung. Biarkan saja selama beberapa lama. Setelah ia mulai dapat mengatur motoriknya dengan baik, barulah mulai diajari gerakan cara belajar berenang yang baik. Karena lenturnya, biasanya balita dan anak-anak sangat mudah untuk menyesuaikan gerakan dengan baik dan benar.

 

Penutup

Apapun cara belajar berenang yang sedang Anda pelajari, semua membutuhkan repetisi dan pengulangan. Karena itu akan lebih baik dan lebih cepat hasilnya jika Anda memiliki kolam renang sendiri. Untuk membuat kolam renang, kontraktor dan konsultan yang terpercaya dari pulau dewata adalah kolambali. Dengan pengalaman yang luber, dijamin hasilnya sangat memuaskan. Cek saja coba di kolambali.com.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: Sawal Walker

Ketika Allah memberikanmu nikmat secara finansial, jangan naikkan standar hidupmu, melainkan tingkatkan standarmu dalam berbagi.

Jelajahcoin Tukang Listrik Panggilan 082299093210 (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *