Cara Memilih Kamera Mirrorless Sony Terbaik Yang Sesuai Kebutuhan

By | July 12, 2019

Sawal Walker, Cara Memilih Kamera Mirrorless Sony Terbaik Yang Sesuai Kebutuhan – Tahukah anda cara memilih kamera mirrorless Sony?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang tips membeli kamera mirrorless Sony terbaik (yang bagus) bekas maupun baru yang cocok untuk pemula. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai cara memilih kamera mirrorless Sony secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Cara Memilih Kamera Mirrorless Sony Terbaik

Cara Memilih Kamera Mirrorless Sony Yang Bagus

Sony sudah lama dikenal sebagai brand yang terus berinovasi pada berbagai macam produknya, terutama dalam segmen kamera yang sedang mengembangkan berbagai peralatan digital menggantikan kamera DSLR.

Sudah banyak jenis, model, dan tipe kamera, baik yang bersensor full-frame dan APS-C. Dengan banyaknya pilihan tersebut, tentu akan membuat anda semakin bingung menentukan pilihan.

Berikut ini adalah beberapa ulasan yang dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan mengenai kamera mirrorless merek Sony yang cocok untuk anda dilihat dari kemampuan dan spesifikasinya.

Sony berupaya untuk terus mengembangkan sensor gambar kamera mirrorless dengan berbagai lensa panjang (zoom) ataupun lensa tunggal (SLR). Tujuannya agar kualitas gambar yang dihasilkan menjadi lebih baik dan kinerja fokus otomatis (AF) menjadi lebih cepat.

Hasil yang diperoleh memang akan bervariasi, tergantung model dan seri lensa hingga kamera itu sendiri. Selain itu, fitur yang tidak kalah penting untuk menghasilkan gambar yang cantik adalah 5-axis stabilizer agar hasil bidikan anda tidak goyang.

Daripada hanya membandingkan spesifikasi sebelum membeli, pilihlah kamera mirrorless Sony yang sesuai dengan kebutuhan dan juga budget, sehingga Anda akan mendapatkan kamera yang tepat!

1. Sesuaikan dengan kebutuhan gambar atau video

Pertama kali adalah menentukan untuk apa sebenarnya kamera yang akan anda beli? Untuk keperluan video atau hanya sekedar foto. Misalnya anda lebih banyak menggunakan kamera untuk fotografi dan mempertimbangkan foto didalam ruangan atau saat malam, pilih kamera dengan sensitivitas ISO tinggi.

Sensitivitas ISO adalah nilai numerik terhadap cahaya yang diterima oleh sensor gambar. Anda dapat menghasilkan gambar yang baik meskipun pemotretan dilakukan di tempat-tempat gelap jika menggunakan kamera yang memiliki sensitivitas ISO tinggi.

Cara Memilih Kamera Mirrorless Sony Terbaik 1

Selain itu, jika Anda ingin meningkatkan shutter speed seperti saat memotret subjek bergerak, dengan ISO yang di setting tinggi, gambar yang dihasilkan pun tidak menjadi gelap.

Resiko yang terjadi ketika menggunakan ISO tinggi adalah adanya noise pada foto atau video. Untuk itu, jangan sekadar melihat angka ISO saja, lihat juga seberapa banyak noise yang dihasilkan saat menggunakan ISO tinggi tersebut.

2. Pilih Auto Fokus (AF) yang Cepat

Selain poin pertama diatas mengenai ISO, sebaiknya pilih kamera dengan fitur AF (Auto Fokus) yang cepat, akurat, dan memiliki performa memotret bersambung yang tinggi. Apalagi untuk anda yang pemula dan jarang pegang kamera, bisa saja anda akan kehilangan focus atau gambar blur.

Cara Memilih Kamera Mirrorless Sony Terbaik 2

Jika sudah memilih berdasarkan sensor AF, anda juga harus mensettingnya secara tepat agar sensornya dapat mengikuti pergerakan subjek gambar secara cepat.

3. Pilih Kamera Sensor Full Frame atau APSC?

Perbedaan ini hanya terdapat pada besar kecilnya sensor, yang full (Full Frame) atau APSC yang secara ukuran lebih kecil dibandingkan Full Frame.

Cara Memilih Kamera Mirrorless Sony Terbaik 3

Foto atau video yang dihasilkan akan menjadi pembedanya antara Full Frame dan APSC. Selain itu, lensa yang digunakan akan berbeda. Sebagai contoh, lensa untuk kamera Full Frame harganya lebih mahal dari APSC. Ukuran lensa pada kamera Full Frame juga akan lebih besar dibandingkan lensa APSC.

Dari lensa tersebut dibagi lagi menjadi lensa A-Mount dan E-Mount, anda dapat membacanya lebih lengkap pada artikel review berbagai macam lensa E-mount Sony & Zeiss.

Dalam kamus kamera mirrorless, terdapat tiga jenis sensor yang tersebar di pasaran yaitu full-frame, APS-C, dan Mikro Four Thirds. Semakin besar sensor yang dimiliki kamera, semakin baik pula kualitas gambar yang dihasilkan karena semakin kecil jumlah noise yang ditangkap.

Kualitas foto sangat dipengaruhi oleh keterampilan fotografer. Meskipun Anda membeli kamera bersensor full-frame yang berat dan mahal sekalipun, Anda tidak dapat menghasilkan gambar yang bagus jika tidak memanfaatkan fiturnya secara maksimal.

Untuk pemula, tentunya akan lebih aman jika memilih kamera Sony mirrorless dengan sensor APS-C.

4. Jangan Hanya Melihat Piksel

Pada prakteknya, untuk mendapatkan gambar bagus Anda tidak perlu menggunakan banyak piksel. Beberapa kamera profesional justru berani mengurangi jumlah piksel untuk meningkatkan kualitas gambar.

Cara Memilih Kamera Mirrorless Sony Terbaik 4

Untuk hasil foto yang akan andapasang di blog dan sosial media, jumlah piksel yang kecil pun sudah cukup. Kecuali anda ingin mencetaknya seukuran Billboard, baru sebaiknya membeli yang Pikselnya besar untuk menjaga kualitas gambar.

5. Fitur Stabilisasi Gambar

Fungsi utamanya sama dengan 5-axis stabilizer, yaitu untuk membuat gambar stabil. Beberapa kamera mirrorless Sony tidak memiliki fungsi stabilisasi gambar (stabilizer). Meskipun stabilizer bermanfaat, berat lensa juga menentukan hasil gambar yang didapat.

Cara Memilih Kamera Mirrorless Sony Terbaik 5

Anda perlu melihat kembali apakah lensa yang digunakan memiliki fungsi tersebut. Di samping itu, fitur ini sangat direkomendasikan untuk para fotografer pemula.

Jika kamera dilengkapi dengan fungsi stabilisasi gambar, guncangan saat memotret dan merekam dapat segera diperbaiki dengan menggunakan lensa apa pun.

Baca juga 5 Aplikasi Edit Foto Kartun 3D Keren di Android dan IOS

Penutup

Bagi yang memiliki anggaran terbatas, beberapa seller menyediakan kamera bekas dengan harga terjangkau. Namun jangan asal membeli dengan harga yang murah, pilihlah seller yang benar-benar berkualitas.

Atau lebih amannya, pergunakan fitur COD atau anda bisa membeli pada teman anda agar lebih terpercaya.
Itulah beberapa tips memilih kamera sony mirrorles yang bisa anda gunakan juga untuk membeli kamera mirrorles selain sony. Semoga bermanfaat.

Penulis : Tulisanndeso.com | Tulisan Ndeso adalah Blog Pribadi berisi Konten Marketing, Tutorial, Traveling, Internet, Tips & Trick, serta Artikel Menarik Lainnya.

Author: Sawal Walker

Ketika Allah memberikanmu nikmat secara finansial, jangan naikkan standar hidupmu, melainkan tingkatkan standarmu dalam berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *