Rincian Contoh Biaya Pernikahan 20 Juta

Sawal Walker, Rincian Contoh Biaya Pernikahan 20 Juta – Tahukah anda contoh biaya pernikahan 20 juta?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang contoh rincian anggaran biaya pernikahan 20 juta. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai contoh biaya pernikahan 20 juta secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Anggaran yang dibutuhkan oleh calon mempelai saat ingin menyelenggarakan acara pernikahan biasanya lumayan menguras kantong. padahal secara agama syarat sah nya sangatlah terjangkau. 

Cukup dengan KUA, mahar, dan pengumuman ke warga sekitar saja. Tentunya setiap calon pengantin membuat acara pernikahan yang sederhana mungkin dengan kemampuan finansial masing-masing. 

contoh biaya pernikahan 20 juta

Rincian Contoh Biaya Pernikahan 20 Juta Lengkap dan Mudah Dipraktekkan

Beberapa orang di Indonesia telah tertanam jika biaya dikeluarkan saat menikah sangatlah mahal. Hal tersebut akan membuat orang merasa ketakutan terlebih dahulu karena tidak cukup memiliki uang. Biaya pernikahan yang mahal itu terjadi karena adanya gengsi dalam menyelenggarakannya dari mulai tempat, dekorasi, makanan, dan lain sebagainya. 

Namun, Anda tidak perlu berkecil hati jika merasa tidak memiliki cukup uang tapi ingin melangsungkan acara pernikahan. Apalagi di era millenial sekarang bisa saja Anda membiayai pernikahan Anda sendiri tanpa ada bantuan dari orang tua. 

Anda bisa menabung terlebih dahulu dengan pasangan dengan target budget 20 juta. Berikut kami berikan tips cara agar Anda bisa melangsungkan acara pernikahan dengan budget 20 juta saja. 

1. KUA

Menikah di KUA bisa jadi alternatif bagi Anda untuk mengurangi dana pernikahan. Di kantor urusan agama ini biasanya tidak dikenakan tarif sama sekali. Jikapun ada hanya biaya administrasi saja yang jumlahnya tidak lebih dari Rp.100.000. 

Namun usahakan menikah di hari jam kerja ya karena tentu biayanya lebih murah dibanding saat di akhir pekan.

Biaya yang dikeluarkan oleh calon mempelai tersebut hanya jika berada di KUA, apabila memanggil petugas catatan sipil di luar KUA maka biaya yang dikeluarkan sebesar 600 rb.

2. Rumah ibadah

Selain Anda bisa menikah di KUA, Anda juga bisa mencoba menikah di rumah ibadah. Bagi Anda yang muslim bisa mencoba menikah di masjid dan sedangkan yang nasrani bisa menyatukan janji suci di gereja.

Tidak perlu khawatirkan biaya saat melangsungkan menikah di rumah ibadah karena tentu jauh lebih hemat.

3. Undangan

Jika Anda menyiapkan acara pernikahan Anda jauh-jauh hari, Anda bisa meluangkan waktu untuk mendesain undangan sendiri. Ada banyak aplikasi edit untuk membuat undangan yang bisa Anda temukan.

Jika ingin lebih hemat lagi Anda bisa menyebarkan melalui soft copy saja ke teman-teman dekatmu. 

Namun jika terpaksa dicetak, maka Anda bisa memilih kisaran harga diantara 1.500 rupiah hingga 3.000 rupiah saja. Sehingga jika Anda ingin mengundang tamu sebanyak 100 orang maka dana yang dikeluarkan sekitar 300 rbu.

4. Jasa Catering

Patut Anda perlu ketahui jika bahan makanan mentah harganya lebih murah dibanding makanan yang sudah jadi. Dalam hal ini Anda bisa meminta bantuan tetangga yang jago masak atau saudara untuk membantu menyajikan berbagai makanan.

Meskipun terkesan menguras tenaga,tetapi tamu undangan bisa juga dipangkas juga. Jadi makanan yang disajikan nanti nya tidak terlalu banyak. Untuk membeli bahan-bahan makanan mentah ini Anda membutuhkan dana 2 juta untuk tamu undangan sekitar 50 orang.

5. Paket pernikahan

Dengan budget 20 juta, Anda bisa juga memilih paket pernikahan sederhana. Namun, mungkin hal tersebut hasilnya akan jauh lebih memuaskan jika Anda merencanakan dan menyiapkan segala nys sendiri. 

Alasannya karena biaya pada jasa pernikahan ini yang masih membuatnya mahal, seperti katering dan dekorasi yang sederhana dibanding Anda memasak dan memasangnya sendiri yang sedikit agak ribet. 

6. Gaun pernikahan dan souvenir

Untuk gaun pengantin nantinya disarankan untuk memilih model yang sederhana saja. Anda bisa sewa ataupun membuat sendiri. Tinggal Anda bandingkan saja mana yang menurut Anda lebih hemat dan harganya terjangkau. Begitu juga dengan souvenir pernikahan yang akan diberikan tamu undangan yang hadir. 

Tidak perlu mewah, tapi yang terpenting bisa bermanfaat untuk tamu undangan. Jadi, sesuaikan dengan budget pernikahan Anda saja. Hal tersebut bisa jadi bisa meminimalisisr dana yang harus dikeluarkan. 

Baca juga: Perhitungan Contoh Rincian Anggaran Biaya Pernikahan Sederhana

Penutup

Nah, dari rincian tersebut anggaran yang Anda keluarkan bisa jadi hanya di kisaran 20 jutaan. Mungkin jika ada sisa Anda bisa untuk kebutuhan darurat yang diluar dari rencana. Bagaimana tertarik mencoba tips dari kami ?.

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang Rincian Contoh Biaya Pernikahan 20 Juta. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel pernikahan berikutnya.

Leave a Comment