7 Hal Unik di Pendaftaran Mahasiswa Baru Mulai Tahun

Sawal Walker, 7 Hal Unik di Pendaftaran Mahasiswa Baru- Pendaftaran mahasiswa baru merupakan suatu hal yang tidak asing lagi di kalangan masaayrakat. Bahkan dikalangan pelajar, menjadi sorang mahasiswa merupakan suatu impian dalam hati kecilnya. Seseorang yang telah menamatkan studinya di jenjang SMA biasanya langsung berkeinginan untuk melanjutkan studinya ke jenjang kuliah sehingga prosesnya sudah tidak asing lagi.

Hal Unik di Pendaftaran Mahasiswa Baru

Hal – Hal Unik di Pendaftaran Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi

Proses pendaftaran mahasiswa mungkin sudah tidak asing lagi prosesnya, namun ada perbedaan mulai tahun 2019 ini. Ada beberapa hal unik yang terjadi dalam proses pendaftaran mahasiswa baru pada tahun ini. Apa saja itu? Simak ulasannya dibawah ini.

1. Hanya dapat memilih 2 pilihan

Seleksi umum yang dilakukan selain ujian mandiri adalah SNMPTN dan SBMPTN. Nah pada tahun-tahun sebelumnya ketika mengikuti seleksi dengan jalur ini biasanya kita dapat memilih hingga 3 pilihan, namun mulai tahun ini hingga kedepannya kita hanya dapat memilih 2 pilihan. Ada yang unik lagi dari tes SBMPTN tahun ini, apa itu? Simak hal unik selanjutnya.

2. Tes dulu baru daftar

Hal unik selanjutnya yang terjadi pada pendaftaran mahasiswa baru mulai tahun 2019 adalah kita harus tes dulu baru mendaftar. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya kita mendaftar dulu di sebuah universitas baru kita melakukan tes.

3. Tanggal dan tempat tes kita sendiri yang menentukan

Hal selanjutnya yang cukup unik adalah kita dapat menentukan tanggal tesnya. Pada tahun tahun sebelumnya tanggal serta tempat tes sudah ditentukan oleh pihak universitas.

Namun apda tahun ini berbeda, kita menentukan tenggal serta tempat tes kita sendiri. Tanggal yang tersedia adalah selama hari sabtu dan minggu pada 2 bulan sebelum pendaftaran SBMPTN dimulai.

4. Tes dilakukan serentak dibeberapa tanggal

Seperti yang telah disebutkan tadi, tanggal dan tempat pelaksanaan tes ini dapat kita pilih sendiri. Selain itu tes ini juga dilakukan secara serentak pada hari sabtu dan minggu dengan jumlah 2 sesi perharinya. 1 sesi ini dilakukan kurang lebih 6 jam.

5. Semua tes menggunakan computer

Sesuai dengan judul tes tahun ini yaitu UTBK yang artinya Ujian Tulis Berbasis Kompter, semua tes yang dilakukan sudah menggunakan computer yang telah disediakan di beberapa universitas tempat penyelenggara UTBK ini.

6. Peraturan yang sangat ketat

Taati peraturan yang berlaku, itu adalah pesan penulis terhadap pembaca yang akan melakukan UTBK. Mengapa? Hal ini patut diwaspadai karena banyak peserta yang tidak mendapatkan nilai karena dianggap telah melakukan pelanggaran.

Untuk menghindari pelanggaran, beberapa Tips Menghadapi UTBK ini pasti dapat membantu karena ditulis sesuai pengalaman penulis sendiri.

7. Bentuk soal yang baru

Bentuk soal yang disuguhkan juga banyak memiliki perubahan, penulis sarankan untuk mengunduh dan mempelajari contoh soal yang ada pada halaman pendaftaran utbk. Untuk pelajaran matematika disuguhkan dua kali yaitu matematika dasar dan matematika IPA untuk ujian saintek atau matematika IPS untuk ujian soshum.

Wajib baca: Tips tidak bosan belajar matematika

Penutup

Itulah beberapa hal unik yang terjadi pada pendaftaran mahasiswa baru mulai tahun 2019 ini, bagi para pembaca yang akan melakukan pendaftaran, jangan lupa untuk segera mempersiapkan diri sedini mungkin untuk menghadapi beberapa tes yang ada.

Baca juga 6 Ide Bisnis Kreatif Ini Bisa Anda Tiru!

Leave a Comment