Aneka Jenis Water Heater

Jenis Jenis Water Heater – Water Heater adalah alat yang biasa dipergunakan untuk memanaskan air yang menggunakan energi sebagai sumber pemanas. Pada umumnya yang kita ketahui untuk mendapatkan air panas biasanya kita harus memanaskan air terlebih dahulu memakai wajan dengan kompor atau bepergian ke tempat pemandian air panas alami.

Jenis Water Heater

Sejarah Water Heater

Di tahun 1868 ada seorang pelukis asal London,Britania Raya (Inggris), Benjamin Waddy Maughan menemukan water heater domestik instan pertama. Alat ini berkerja sangat sederhana yakni air bersuhu normal / dingin ditempatkan pada bagian atas wadah seperti tabung yang diisi dengan kawat-kawat tipis yang saling tersambung sebagai pengantar panas, pada bagian bawahnya diletakkan sebuah alat pemanas dengan media pemanasan gas. Lalu air panas akan mengalir melalui pipa ke bak mandi “bathtub” tanpa adanya perantara. Benjamin menamakan penemuannya ini disebut “Geyser”, hingga sampai saat kini di Inggris Raya water heater masih sering disebut dengan geyser.

Jenis Water Heater yang ada di Indonesia

Water Heater sudah semakin berkembang di Indonesia, dan juga sudah tradisi umum dipakai untuk kebutuhan mandi di berbagai rumah karena manfaatnya sangat banyak sekali diantaranya adalah membuat tubuh kembali fresh. Berikut adalah jenis water heater yang ada di Indonesia.

1. Electric Water Heater

Water Heater ini menggunakan media listrik sebagai pemanasnya, terbilang daya yang di butuhkan untuk memanaskan air relatif besar dimulai dari 200 Watt hingga 5000 Watt.

Ada 2 jenis pada umumnya yaitu media tabung penyimpanan dan instant water heater dengan media plat pemanas langsung pada air mengalir sehingga pemanasan semakin cepat dengan daya yang besar juga.

2. Solar Water Heater

Pemanas Air Tenaga Matahari (Solar Water Heater) adalah pemanas air yang menggunakan media Matahari sebagai sumber pemanasannya.

Salah kaprah yang sering terjadi adalah alat ini sering disebut sebagai panel listrik matahari, karena ukurannya yang sangat besar terpampang di atap-atap rumah dengan panel yang besar. Dari segi efektif, produk jenis ini cukup simpel cara kerjanya, yakni air yang mengalir pada pipa tersalur pada panel kolektor ketika air sudah panas langsung tersimpan pada tabung penyimpanan dengan prinsip “Thermosiphon. Air dingin yang mengalir justru langsung di panaskan matahari di kolektor lalu di simpan di tangki sampai akhirnya dipergunakan.

Solar Water Heater jenis ini sangat ramah lingkungan yang bisa digunakan untuk rumah-rumah sederhana atau kebutuhan komersial seperti hotel dan lainnya. Anda bisa mengunjungi tokowaterheater.com untuk mencari tau promo water heater terbaru yang ada.

3. Air Conditioning Water Heater

Sistem kerja Pemanas air jenis ini adalah dengan memanfaatkan panas dari  freon dari AC yang biasanya di buang. Biaya yang dikeluarkan lebih murah daripada electric water heater karna memanfaatkan panas dari pembuangan AC.

4. Heat Pump Water Heater

Pemanas Jenis ini memanfaatkan uap panas sebagai media nya, biasanya tangki penampungan air panas lebih besar karena dipergunakan pada skala lebih besar seperti hotel, villa dll

5. Gas Water Heater

pemanas air ini menggunakan gas sebagai media nya, cara kerjanya ialah air akan dipanaskan langsung oleh api yang dihasilkan oleh pembakaran gas, sehingga untuk prosesnya lebih cepat.

pada umumnya sering digunakan pada rumah tinggal yang bersuhu dingin seperti pegunungan yang memang lebih sedikit mendapatkan sinar matahari

Baca juga Tips Cari Partner Bisnis & Usaha Terpercaya

Tips Memilih Water Heater yang cocok

Untuk memilih water heater jenis apa yang cocok untuk anda, disarankan memilih sesuai dengan kebutuhan dan lokasi pemasangannya, karena tingkat efektif biaya yang dikeluarkan pasti berbeda jika dilihat dari kapasitas kebutuhan dan dipergunakannya untuk apa.

Untuk itu kami menyarankan berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya seperti tokowaterheater.com yang memang hanya berspesialis berjualan pemanas air yang jangkauan layanannya di seluruh Indonesia sejak 2012.

Selain itu, tokowaterheater.com juga melayani penjualan, perbaikan, instalasi dengan jaminan harga water heater murah dengan produk pilihan yang berkualitas serta dibantu memilih produk yang cocok dengan kebutuhan anda. Tak perlu khawatir salah memilih produk. Silahkan kunjungi website nya untuk berkonsultasi kebutuhan water heater terbaik.

Leave a Comment