Kelebihan Bahasa Pemrograman

Apakah Anda sedang mencari kelebihan bahasa pemrograman, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat. Karena pada artikel kali ini kami akan membagikan kelebihan bahasa pemrograman seperti Phyton, java, Pascal, C, PHP, Visual Basic, COBOL, Kotlin, Objective C.

Bahasa pemrograman komputer atau programming language digunakan untuk membuat program komputer dan merupakan instruksi guna memerintah komputer. Pogramming language banyak jenisnya dan menawarkan kelebihan bahasa pemrograman yang berbeda-beda.

Kelebihan Bahasa Pemrograman Adalah

Bahasa pemrograman menawarkan manfaat bagi programer. Dengan mengaplikasikan bahasa pemrograman, programer dapat dengan tepat menentukan data yang akan diolah dalam komputer serta bagaimana data tersebut disimpan.

Bahasa ini juga memungkinkan programer untuk menentukan dan mengatur langkah apa yang akan akan dilakukan oleh komputer terhadap data tersebut dalam berbagai situasi.

Kelebihan Bahasa Pemrograman Python

Guido van Rossum adalah pencipta bahasa pemrograman Phyton. Bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk berbagai sistem operasi, misalnya Windows, Macintosh, dan lain sebagainya. Dikutip dari situs Medanprojects Kelebihan bahasa ini pemrograman ini adalah sebagai berikut.

  1. Berorientasi pada objek.
  2. Lebih sederhana, fleksible, dan singkat.
  3. Interaktif dan dinamis.
  4. Terdapat dukungan pemrograman dalam skala besar secara modular.

Kelebihan Bahasa Pemrograman Java

Bahasa pemrograman yang dibuat oleh James Gosling ini dapat diaplikasikan pada berbagai komputer maupun smartphone. Java pertama kali dirilis pada tahun 1995. Beberapa kelebihan dari bahasa pemrograman ini adalah:

  1. Dinamis
  2. Berorientasi pada objek
  3. Multiplatform
  4. Pengumpulan sampah otomatis
  5. Multithreading
  6. Aman 

Kelebihan Bahasa Pemrograman Pascal

Pascal dibuat pada tahun 1971 oleh Profesor Niklaus Wirth. Bahasa pemrograman tersebut dapat digunakan untuk membuat kode perangkat lunak Kylix yang berbasis Linux atau Delphi yang berbasis Windows. Meski demikian, bahasa pemrograman ini sudah jarang dipelajari.

Kelebihan Pascal adalah:

  1. Terstruktur
  2. Tipe data standar
  3. Sederhana
  4. Memungkinkan programer untuk menciptakan tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.

Kelebihan Bahasa Pemrograman C

Bahasa Pemrograman C berakar dari bahasa pemrograman BCPL. Bahasa C sendiri diciptakan oleh Dennis Ritchie dan W. Kerninghan di laboratorium yang sekarang bernama AT&T Bell Laboratories pada tahun 1972. Di bawah ini beberapa keunggulan Bahasa Pemrograman C:

  1. Hanya memiliki 32 kata kunci
  2. Portabel dan fleksibel untuk semua jenis komputer.
  3. Tersedia di hampir semua tipe komputer.
  4. Terstruktur
  5. Banyak dukungan pustaka

Kelebihan Bahasa Pemrograman PHP

Bahasa pemrograman ini merupakan bahasa pemrograman web. PHP pertama kali dibuat pada tahun 1994 oleh Rasmus Lerdford guna mengetahui jumlah pengunjung homepage-nya. Hingga saat ini, PHP telah berkembang dan versi terakhirnya diluncurkan pada tahun 2000.

Beberapa kelebihan PHP adalah:

  1. Lebih cepat dari berbagai bahasa pemrograman lain, misalnya Phyton dan Java.
  2. Sederhana
  3. Tersedia untuk Linux dan Windows.
  4. Terdapat komunitas besar yang saling membantu.
  5. Tersedia script gratis.

Kelebihan Bahasa Pemrograman Visual Basic

Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft pada tahun 1991. Bahasa pemrograman ini populer dan banyak digunakan oleh para programer. Contoh keunggulan bahasa pemrograman ini adalah:

  1. Bahasanya sederhana
  2. Banyak tools gratis
  3. Lebih cepat jika digunakan untuk membuat app berbasis desktop.
  4. Menawarkan Real Time Background Compiler.

Kelebihan Bahasa Pemrograman COBOL

Common Business Oriented Language atau COBOL adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang didesain dengan bahasa Inggris yang hampir sama seperti bahasa sehari-hari. Bahasa pemrograman ini dirancang untuk keperluan bisnis.

Bahasa pemrograman yang dibuat pada tahun 1959 tersebut sudah jarang dipelajari saat ini. Namun, bahasa ini banyak digunakan pada mesin ATM. Berbagai keunggulan ditawarkan oleh COBOL, misalnya:

  1. Mudah diatasi jika terjadi bug
  2. Pengkodean menggunakan bahasa Inggris sederhana
  3. Bersifat standar dan bisa dipakai pada beragam komputer tanpa mengalami banyak perubahan.

Kelebihan Bahasa Pemrograman Kotlin

Kotlin banyak digunakan pada pembuatan program Android. Di bawah ini beberapa keunggulan dari bahasa pemrograman Kotlin.

  1. Mampu mengurangi tingkat kerumitan kode.
  2. Dapat dipakai untuk membuat program aplikasi smartphone dan aplikasi web.
  3. Aman dan tidak mengalami eror.

Kelebihan Bahasa Pemrograman Objective C

Pada tahun 1980, Brad Cox dan Tom Love mulai mengembangkan bahasa perograman Objective C. Bahasaini kemudian dikembangkan agar bisa dipakai dengan framework pemrograman Cocoa yang dikembangkan oleh Apple. Kelebihan dari bahasa pemrograman Objective C adalah:

  1. Dinamis
  2. Mendukung library pengembangan Apple
  3. Eksklusif untuk Apple
  4. Berorientasi objek

Penutup

Setelah membaca informasi diatas, tentunya kamu ingin membangun program berbasis mobile dan web. Namun, jika terkendala dengan waktu, bisa coba jasa website medan yang telah dipercaya lebih dari 100+ client. Semoga Bermanfaat~

Tinggalkan Komentar Dong