Cara Agar Sebuah Website Naik ke Halaman Pertama Google

Saat ini, sebagian pengelola website sibuk melakukan berbagai usaha agar website terdeteksi Google dan muncul di halaman pertama hasil pencarian. Sayangnya, hal tersebut tak selalu mudah dicapai.

Berdasarkan ulasan dan informasi yang kami himpun dari situs fajrialhadi.com ada trik dan cara agar sebuah website bisa naik ke halaman pertama Google berikut dapat Anda coba.

1. Gunakan Theme SEO Friendly

Salah satu cara agar website dapat tampil di halaman satu pencarian adalah dengan menggunakan theme SEO Friendly.  Jika website anda belum memiliki theme seperti ini, Anda harus segera mengubahnya. Theme SEO friendly memiliki beberapa ciri khas.

Tampilan Responsif

Theme yang responsif berarti kompatibel dengan PC dan perangkat seluler. Karena masyarakat mengakses website melalui berbagai device, maka website anda harus dapat tampil sempurna pada smartphone dan tablet sama seperti saat tampil di PC.

Ringan

Kemampuan loading yang cepat menjadi salah satu kunci bagi website agar muncul di pencarian Google. Di sisi lain, kecepatan ini dipengaruhi oleh berbagai hal.

Untuk memaksimalkan kecepatan loading, Anda dapat memilih theme yang ringan. Theme ringan juga sudah terbukti sebagai theme yang SEO friendly.

Support Semua Browser

Theme SEO friendly adalah theme yang kompatibel dengan semua browser, misalnya Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Safari, dan Opera. Sehingga, Anda harus pastikan bahwa theme website yang Anda pilih support semua browser.

Terdapat Scheme.org Markup

Theme yang menggunakan scheme.org markup dapat memperbaiki kualitas website dan meningkatkan traffic karena scheme.org markup dapat mempermudah Google memahami konten website.

Template yang memiliki minimal 4 unsur diatas, masuk dalam kategori Theme WP Terbaik

2. Hosting Cepat dan Tagguh

Seperti yang sebelumnya telah disinggung sebelumnya, cara agar website dapat tampil di halaman satu hasil pencarian adalah dengan mengoptimalkan kecepatan loading website.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan kecepatan website adalah menggunakan hosting cepat dan tangguh. Di era digital ini, Anda memiliki banyak pilihan web hosting, namun tidak semuanya menawarkan kecepatan tinggi.

Oleh karena itu, Anda harus jeli dalam memilih mana hosting yang memiliki server yang berkecepatan tinggi. Untuk mengetahui apakah Anda harus beralih ke web hosting lain atau tidak, Anda perlu mengecek kecepatan website.

3. Plugin SEO dan Pendukung

Langkah berikutnya yang dapat Anda tempuh adalah menggunakan plugin SEO dan pendukung. Cara meningkatkan pencarian website di Google tersebut cukup efektif dan sudah banyak dilakukan oleh para pengelola website dan blog.

Plugin SEO ada beragam pilihannya dan tiap plugin memiliki fungsi yang tidak sama. Yoast SEO, misalnya, akan membantu pemilik blog wordpress mengoptimalkan tag deskripsi, penulisan URL, dan implementasi keyword sehingga konten web menjadi lebih SEO friendly.

Sedangkan fungsi plugin-plugin SEO lainnya adalah mempermudah mesin pencari mengindex website anda, memberi dukungan Google Analytics, mengoptimalkan judul konten, dan bahkan mempercepat loading website.

4. Buat Konten Berkualitas

Membuat konten web yang berkualitas merupakan salah satu cara agar website jadi no.1 di Google. Konten yang berkualitas memiliki beragam kriteria.

Topik

Konten berkualitas mengandung topik yang sedang trend. Jika Anda tidak tahu topik apa yang sedang trending di dunia maya, Anda dapat mencaritahunya melalui Google Trends.

Keyword

Supaya website bisa dengan mudah masuk halaman 1 Google Anda perlu mencari keyword yang tepat untuk mengetahuinya, Anda dapat melakukan riset keyword dengan bantuan tools tertentu, contohnya Google Keyword Tools.

Di samping itu, penempatan keyword dan jumlah pengulangan keyword perlu dipertimbangkan agar konten lebih SEO friendly.

Isi Konten

Membuat konten website yang berisi informasi menarik dan bermanfaat adalah cara agar blog muncul di Google paling atas yang sangat efektif. Konten yang informatif dan bermanfaat pasti akan membuat visitor singgah lebih lama di website.

Hal tersebut tentu akan memberi dampak positif pada website. Selain membuat isi konten yang menarik, Anda juga harus memastikan bahwa konten tersebut unik atau bebas plagiat.

5. Berikan Backlink yang Berkualitas

Membangun backlink berkualitas merupakan salah satu dari cara agar pencarian Google teratas. Backlink merupakan link yang dipasang pada website lain dan mengarah ke website anda.

Semakin banyak backlink yang Anda peroleh, Google akan semakin memberi nilai positif pada website anda. Namun, backlink tersebut harus relevan dan diberikan oleh website yang memiliki real visitors.

Untuk memperoleh backlink berkualitas, pertama-tama Anda harus memiliki konten website yang juga berkualitas dan sedang trend. Anda juga perlu membangun relasi pertemanan dengan blog atau website lain agar bisa bertukar backlink.

Baca juga 2 Cara Cek Posisi Keyword di Google Pakai HP

Penutup

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang cara agar website dapat tampil di halaman pertama Google. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel SEO berikutnya.

Leave a Comment