Lebih Bagus Lamaran Tulis Tangan atau Ketik?

By | May 5, 2019

Sawal Walker, Lebih Bagus Lamaran Tulis Tangan atau Ketik? – Ketika Anda ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan,hal paling utama yang perlu Anda persiapkan adalah surat lamaran kerja.Tetapi sering sekali pelamar bingung, harus menggunakan model yang tulis tangan atau ketik ( komputer ataupun mesin tik ).

Jika Anda bertanya, lebih bagus yang mana antara surat lamaran kerja tuli tangan dengan ketik,maka saya akan jelaskan sedikit mengani hal tersebut dalam artikel kali ini.

Lebih Bagus Lamaran Tulis Tangan atau Ketik

Surat Lamaran Kerja Tulisan Tangan VS Ketik

Surat lamaran adalah sebuah proposal yang dituliskan dengan maksud untuk memberi tahukan pihak perusahaan bahwa anda ingin melamar pekerjaan pada perusahaan yang bersangkutan. Didalam proposal lamaran berisi beberapa biodata pribadi dan beberapa lampiran penunjang sebagai bahan pertimbangan pihak perusahaan dalam melakukan penilaian terhadap pelamar.

Proposal tersebut adalah “ pintu awal “ jika ingin bekerja disebuah tempat. Kenapa demikian? Karena dalam proses seleksi calon karyawan baru, hal pertama yang akan dilihat dan akan menjadi bahan pertimbangan perusahaan adalah proposal lamaran Anda.

Itulah kenapa, dalam pembuatan proposal ini, Anda dituntut untuk extra hati-hati dan teliti terutama dalam pemilihan mau menggunakan bentuk tulisan tangan atau ketik komputer.

Kelebihan dan kekurangan surat lamaran yang ditulis dengan tangan

Bentuk yang dibuat manual dengan menuliskanya menggunakan bolpoint memiliki beberapa nilai plus, diantaranya :

  • Lebih terlihat bersungguh-sungguh
  • Menghindari HRD menduga bahwa itu adalah hasil tulisan orang lain
  • Anda akan terbiasa dan tidak akan canggung jika DIHARUSKAN menuliskanya menggunakan tulisan sendiri

Tetapi, selain poin plus diatas,bentuk seperti ini memiliki banyak kekurangan,diantaranya :

  • Membutuhkan waktu yang lama dalam pembuatanya
  • Sering terjadi kesalahan
  • Jika salah, harus diganti dan tidak bisa dihapus
  • Menghabiskan kertas folio ( untuk mereka yang selalu salah dalam menulisnya )

Kelebihan dan kekurangan surat lamaran yang diketik komputer

Untuk jenis yang menggunakan ketik mesin, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan, antara lain :

  • Menghemat waktu dan tenaga
  • Menghemat kertas karena jika salah bisa dihapus tanpa perlu mengganti kertas
  • Tidak terlalu khawatir jika salah karena bisa langsung diperbaiki

Walaupun seperti itu, penggunaan bentuk seperti ini memiliki nilai minus dimana terkadang HRD beranggapan bahwa pelamar menuliskanya TIDAK dengan jerih payah sendiri alias menggunakan jasa orang lain.

Point tersebut mengakibatkan nilai “ kesungguhan“ dalam melamar akan berkurang dimata HRD.

Untuk mengambil kesimpulan lebih baik menggunakan surat lamaran tulis tangan atau ketik, banyak hal yang perlu dibahas antara lain :

1. Perhatikan Instruksi Lowongan

Maksud dari point ini dalah : Anda dituntut untuk memperhatikan dan melihat dengan seksama, bagaimana bentuk permintaan dari perusahaan mengeni jenis yang diinginkan.

Tahukah anda jika dalam sebiah lowongan kerja, biasanya pihak perusahaan atau lembaga tersebut sering menuliskan INSTRUKSI yang mengharuskan Anda menggunakan jenis tertentu. Contohnya saja seperti lowongan CPNS,bentuk lamaran yang harus Anda kirimkan adalah TULISAN TANGAN.

Tetapi terkadang perusahaan juga menginstruksikan untuk menggunakan jenis ketik komputer.Inilah maksud dari point pertama,dimana Anda harus membaca dengan teliti permintaan perusahaan.

Setelah Anda membacanya, ikuti permintaan perusahaan ( ingin model dan bentuk yang seperti apa proposal kerjanya ).

Kalau tidak ada instruksinya bagaimana?

Jika dalam sebuah lowongan tidak ada instruksi apapun, maka saran terbaik dari saya adalah : Gunakan bentuk yang tulisan tangan saja. Tidak ada alasan khusus selain kesungguhan Anda lebih terlihat jika menggunakan jenis seperti ini.

2. Lihat Pelamar Lain

Anda bisa mencoba untuk melihat dan meniru jenis lamaran yang digunakan pelamar lain. Tentunya hal ini dilakukan jika Anda mengenal salah satu atau beberapa dari pelamar yang melamar pekerjaan tersebut.
Jika hal ini tidak memungkinkan, Anda bisa mencoba untuk menanyakan KARYAWAN diperusahaan tersebut.Dulu melamarnya menggunakan jenis yang seperti apa,apakah ketik atau tulisan manual.

Jika hal tersebut tidak juga bisa Anda lakukan. Silahkan bertanya dimedia sosial seperti FB atau lainya, khususnya untuk mereka yang mungkin akan melamar pekerjaan dipersuahaan yang sama dengan Anda.

KESIMPULAN :

  • Bentuk proposal tulisan manual dan ketikan SAMA BAGUSNYA! Anda hanya perlu menyesuaikan dengan permintaan perusahaan saja, maunya jenis yang seperti apa.
  • Jika tidak ada permintaan khusus,MENURUT SAYA PRIBADI, silahkan gunakan bentuk yang tulisan tangan
  • Tidak ada peraturan yang MEWAJIBKAN/MENGHARUSKAN untuk menggunakan salah satu,karena keduanya memang sama bagusnya
  • Ada point yang lebih penting daripada memusingkan “ mana yang lebih bagus “,apa itu?

Baca juga Contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar

Jika Anda sudah mengerti bagaimana tatacara membuatnya, maka masalah lebih baik yang mana, itu bisa mengikuti panduan yang sudah dituliskan dalam artikel kali ini. Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang lebih bagus Lamaran Tulis tangan atau ketik.

Baca juga 5 Keuntungan Menjadi Local Guides Google yang Harus Anda Ketahui

Author: Sawal Walker

Ketika Allah memberikanmu nikmat secara finansial, jangan naikkan standar hidupmu, melainkan tingkatkan standarmu dalam berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *