Ringkasan cerita timun mas​

Soal: Ringkasan cerita timun mas​

Jawaban:

“Cerita Timun Mas” adalah salah satu cerita rakyat Indonesia yang terkenal. Berikut adalah ringkasan cerita Timun Mas:

Cerita ini bermula dari seorang pasangan petani yang sangat menginginkan seorang anak. Mereka pergi ke kuil dan meminta bantuan kepada dewa. Dewa memberi mereka timun emas yang besar dan meminta mereka merawatnya dengan baik.

Ketika timun tersebut dipotong, ternyata di dalamnya ada seorang bayi perempuan cantik yang diberi nama Timun Mas. Timun Mas tumbuh menjadi gadis yang sangat cantik dan bijaksana.

Suatu hari, seekor iblis bernama Buto Ijo datang untuk menculik Timun Mas. Ia ingin menjadikan Timun Mas sebagai makanannya. Timun Mas yang cerdik meminta Buto Ijo untuk mengambil beberapa bahan yang diperlukan untuk makanannya, seperti gula, garam, dan lada, yang semuanya ada di rumah orang tuanya.

Saat Buto Ijo pergi untuk mengambil bahan-bahan itu, Timun Mas meminta bantuan dari seekor harimau, seekor singa, dan seekor macan tutul. Mereka setuju untuk membantunya melarikan diri dari Buto Ijo.

Ketika Buto Ijo kembali dan mengetahui bahwa Timun Mas telah melarikan diri, ia mengejar mereka. Timun Mas dan teman-temannya berusaha menghindari Buto Ijo dengan cara-cara licik dan berakhir dengan menjerat Buto Ijo di dalam lubang yang dalam.

Timun Mas dan teman-temannya pun selamat dan hidup bahagia bersama. Cerita ini mengandung pesan tentang kecerdikan, kerja sama, dan kebaikan yang selalu mengalahkan kejahatan.

BACA JUGA  Deskripsikan usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar dengan bahasa kalian sendiri ​

Demikianlah ringkasan cerita Timun Mas, salah satu cerita rakyat Indonesia yang menghibur dan mengajarkan nilai-nilai moral kepada pembacanya.

——————–

Semoga bermanfaat

Bisa Membantu Adik-adik sekalian

Kunjungi Terus Sawal Walker