Setting Mikrotik Load Balance 3 ISP No looping ping imut Full Script

Apakah Anda sedang mencari JUDUL, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Semoga artikel berikut ini dapat bermanfaat.

Dalam dunia yang terus terhubung ini, koneksi internet yang andal dan cepat sangatlah penting. Terutama bagi bisnis dan rumah tangga yang mengandalkan internet dalam berbagai aspek kehidupan. Namun, seringkali satu penyedia layanan internet (ISP) tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan akan kecepatan dan ketersediaan. Solusi untuk masalah ini adalah dengan menggunakan load balance, di mana kita dapat menggabungkan beberapa ISP untuk meningkatkan kualitas koneksi. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan langkah-langkah untuk melakukan pengaturan load balance dengan menggunakan perangkat MikroTik dan script penuh agar terhindar dari masalah looping ping imut.

Mengatasi Masalah Looping Ping Imut

Looping ping imut (micro-routing loop) adalah masalah umum yang terjadi saat konfigurasi load balance tidak tepat. Ini dapat menyebabkan lalu lintas terjebak dalam loop dan menyebabkan koneksi internet yang tidak stabil atau bahkan terputus sama sekali. Untuk menghindari masalah ini, kita perlu mengatur konfigurasi dengan hati-hati dan menggunakan skrip yang sesuai.

Langkah-langkah Pengaturan Load Balance 3 ISP pada MikroTik

Langkah 1: Persiapan

  1. Pastikan Anda memiliki perangkat MikroTik yang sesuai dan tiga ISP yang akan digunakan.
  2. Hubungkan ISP ke router MikroTik melalui antarmuka yang sesuai.

Langkah 2: Konfigurasi Antarmuka ISP

  1. Buka Winbox dan masuk ke router MikroTik.
  2. Masuk ke menu “Interfaces” untuk mengkonfigurasi setiap antarmuka ISP dengan benar. Beri label yang jelas untuk setiap antarmuka sesuai dengan ISP yang terhubung.
BACA JUGA  Cara Blok Situs di MikroTik dengan Layer 7 Protocol

Langkah 3: Membuat Address List

  1. Di menu “IP”, pilih “Firewall”.
  2. Pilih tab “Address List” dan buat daftar alamat IP dari jaringan internal Anda.

Langkah 4: Membuat Mangle Rules

  1. Di menu “IP Firewall”, buka tab “Mangle”.
  2. Buat aturan mangle baru untuk menerapkan load balance. Setiap aturan harus memiliki aksi “mark routing” dan pastikan untuk menghindari masalah looping ping imut dengan menggunakan skrip yang sesuai.

Langkah 5: Konfigurasi Routing

  1. Di menu “IP”, pilih “Routes”.
  2. Tambahkan rute baru untuk masing-masing ISP dengan menggunakan gateway yang sesuai.

Langkah 6: Menambahkan Script untuk Menghindari Looping Ping Imut

  1. Buat dan terapkan skrip khusus yang akan menghindari looping ping imut. Pastikan skrip ini sesuai dengan konfigurasi Anda dan mengatasi masalah yang mungkin timbul.

Baca juga: Cara Load Balancing MikroTik 3 ISP dengan Metode PCC

Kesimpulan

Dengan mengikuti panduan di atas dan menggunakan skrip yang tepat, Anda dapat mengatur load balance untuk tiga ISP pada perangkat MikroTik Anda tanpa mengalami masalah looping ping imut. Ini akan membantu meningkatkan kualitas dan kecepatan koneksi internet Anda, serta menjaga koneksi tetap stabil bahkan ketika satu ISP mengalami masalah. Ingatlah bahwa konfigurasi jaringan dapat rumit, jadi selalu lakukan dengan hati-hati atau minta bantuan dari ahli jaringan jika diperlukan.