7 Situs Perpustakaan Online Gratis Yang Bisa Jadi Referensi

Sawal Walker, 7 Situs Perpustakaan Online Gratis Yang Bisa Jadi Referensi – Mengenal beberapa website perpustakaan online yang gratis dan juga terpercaya. Kapan lulus? Kapan wisuda? Menjadi salah satu pertanyaan yang sangat menyeramkan bagi mereka yang berada di akhir masa studinya. Bagi seorang mahasiswa target kelulusan menjadi sebuah hal yang sangat penting sebagai awal menuju masa depan yang diidamkan. Target yang dimaksud bisa diartikan beberapa aspek mulai dari nilai, prestasi ataupun kecepatan lulus nya.

 Situs Perpustakaan Online Gratis

Bagi para mahasiswa yang ingin cepat lulus tentunya perlu disiplin dalam mengerjakan tugas akhir atau skripsinya. Untuk bisa mengerjakan skripsi yang baik dan berkualitas, penting sekali untuk mencari beberapa referensi yang dibutuhkan demi menunjang skripsinya tersebut. Mencari beberapa sumber di perpustakaan menjadi sebuah keharusan yang dilakukan, lalu bagaimana jika buku yang dicari tidak ada. Tidak perlu khawatir, Anda bisa mencoba beberapa situs perpustakaan online yang gratis dan lengkap ini.

1. Google Scholar

Situs perpustakaan online pertama yang bisa Anda kunjungi untuk mencari beberapa referensi tugas akhir yaitu Google Scholar atau Google Cendekia. Bagi yang hobi membaca tentunya sudah tidak asing lagi dengan situs perpustakaan yang satu ini. Google Cendekia sendiri sudah diluncurkan sejak tahun 2004 yang lalu. Seperti yang diketahui Google Scholar ini merupakan sebuah situs pencarian yang dapat menyajikan berbagai data atau materi pelajaran.

Materi yang disajikan di sini bersifat akademis yang dibuat dalam berbagai format publikasi. Di situs ini para pengunjung bisa mencari berbagai informasi atau bahan dari seluruh bidang ilmu pendidikan. Di sini Anda bisa menjumpai berbagai karya ilmiah seperti makalah, thesis. buku, artikel, abstrak, universitas, dan lain sebagainya. Jadi bagi yang sekarang ini bingung untuk mencari referensi tugas akhirnya, bisa mencari di situs perpustakaan yang satu ini.

2. Perpustakaan.id

Perpustakaan.id merupakan salah satu perpustakaan online yang gratis berbahasa Indonesia. Materi yang disajikan cukup lengkap, mulai dari pelajaran Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Keatas. Materi pelajarannya meliputi Olahraga, Ilmu Pengetahuan umum, Ilmu Pengetahuan alam, Rumah Adat, Pakaian Adat, tarian tradisional dan juga tentang Sejarah Negara Indonesia.

Semua materi di atas dapat Anda akses dengan gratis, materi yang ada disana update secara rutin dan dikembangkan lagi sesuai dengan perkembangan ilmu yang ada. Selain itu Anda juga dapat menghubungi owner jika ada hal yang ingin ditanyakan atau jika ada pelajaran yang ingin dibahas.

3. Microsoft Academic

Situs perpustakaan online selanjutnya yang bisa dicoba adalah Microsoft Academic. Perlu diketahui, situs yang kedua ini sangat tepat digunakan bagi mereka yang ingin mencari referensi untuk tugas akhir atau penelitian. Hal tersebut bukan tanpa alasan, mengingat Microsoft Academic ini merupakan sebuah mesin pencarian yang berfokus pada bidang akademik. Koleksi referensi yang terdapat di dalam perpustakaan ini mencapai lebih dari 38 juta file referensi.

Jika dilihat lebih jauh, situs ini memang berbeda dibandingkan dengan situs sebelumnya. Microsoft Academic ini merupakan sebuah situs pencarian yang mana referensi nya lebih lengkap dibandingkan dengan situs Google Scholar.

4. Perpustakaan Online Indonesia

Selanjutnya, perpustakaan yang wajib untuk dicoba adalah Perpustakaan Online Indonesia. Sesuai dengan namanya, perpustakaan online ini merupakan sebuah layanan publik milik Perpustakaan Nasional. Sering berkembangnya teknologi digital, perpustakaan nasional sangat membantu bagi para mahasiswa yang ingin mencari referensi kapan saja dan dimana saja. Selain itu perpustakaan ini juga memiliki jumlah referensi yang lebih banyak dibanding dengan perpustakaan konvensional.

Di dalam situs perpustakaan ini tersedia berbagai macam karya ilmiah seperti jurnal yang bisa didapatkan secara gratis dengan cara mendownloadnya. Tentunya sangat cocok bagian kalian yang sedang mencari referensi yang berbahasa Indonesia. Untuk bisa mengaksesnya lebih lanjut, para pengunjung wajib mendaftarkan diri terlebih dahulu sesuai petunjuk yang tersedia.

5. Academia

Academia menjadi situs selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mencari referensi tugas akhir atau skripsi. Perlu diketahui situs Academia ini salah satu situs perpustakaan online yang gratis. Sebenarnya situs ini sudah didirikan cukup lama, yakni pada tahun 2008 yang lalu. Sampai sekarang ini pengguna dari situs ini sudah lebih dari 2 juta pengguna yang terdaftar.

Melalui jaringan atau website ilmu pengetahuan ini, para pengunjung bisa memungkinkan untuk berbagai informasi atau dokumen secara langsung. Selain itu situs ini juga cocok bagi mereka yang sedang mencari artikel, research (penelitian) di bidang tertentu secara terbuka. Situs ini sangatlah berguna untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan dengan akademisi lain dari belahan dunia lainnya.

6. Research Gate

Selain Academia, Research Gate juga termasuk salah satu situs jejaring akademis yang sangat terkenal. Situs yang satu ini juga didirikan sejak tahun 2008 yang mana dibuat oleh peneliti dan dipakai untuk penelitian. Jika dibandingkan dengan situs Academia, pengikut situs ini masih terbilang lebih sedikit yaitu sekitar 11 juta member namun terus mengalami perkembangan.

Di dalam situs ini para pengunjung bebas berdiskusi, berpendapat, bertanya terkait topik penelitian yang dilakukannya. Seringkali para akademisi memanfaatkan situs ini untuk berbagi ilmu dengan orang-orang yang ada di seluruh dunia. Jadi bagi Anda yang tertarik dan suka melakukan berbagai diskusi, bisa langsung mendaftarkannya di sini.

7. Wikipedia

Setiap orang pasti mengetahui situs ini, iya Wikipedia merupakan salah satu media website yang super lengkap. Setiap materi yang kita cari di google sering sekali ada atau diulas oleh Wikipedia. Untuk yang suka nulis, Anda juga dapat menuliskannya ke Wikipedia dengan catatan isinya itu valid dan diambil dari sumber terpercaya.

Bagi Anda yang mempunyai dana lebih, Anda dapat mendonasikannya di Wikipedia. Karena situs tersebut merupakan situs yang free dan untuk operasionalnya dari donasi dari para donator.

Demikian ulasan singkat tentang beberapa situs perpustakaan online yang bisa Anda coba. Dengan menggunakan fasilitas perpustakaan online, Anda bisa mengakses berbagai materi yang dibutuhkan di mana saja dan kapan saja. Karena saat ini ilmu pengetahuan sangat mudah dicari, namun Anda harus tetap dapat memilah informasi yang benar dan informasi yang kurang benar.

Jadi tunggu apalagi, segera coba menjelajahinya dan temukan kemudahannya. Semoga informasi diatas bermanfaat dan membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan rumah, tugas akhir atau skripsi Anda saat ini.

2 thoughts on “7 Situs Perpustakaan Online Gratis Yang Bisa Jadi Referensi”

Leave a Comment