Cara Mengetahui Chat WA yang Disadap

Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa penyadapan hanya dilakukan oleh pihak intelijen. Padahal, di era modern ini siapa saja dapat menyadap chat WhatsApp anda. Untuk mengetahui apakah WA anda disadap atau tidak, Anda dapat mencoba cara mengetahui chat wa yang disadap berikut.

Cara Mengetahui Chat WA yang Disadap

1. WA Web Aktif di Perangkat Lain

Beberapa pengguna WA memilih untuk chatting lewat laptop atau PC dengan menggunakan WA web karena lebih nyaman dilakukan sambil bekerja. Seperti juga saat digunakan lewat smartphone atau tablet,  WA web juga rentan disadap.

Salah satu tanda bahwa WA web disadap adalah aktif di perangkat lain. Untuk mengetahui apakah WA web disadap, Anda perlu:

  • Klik Setting
  • Klik tiga titik yang ada di pojok atas WA
  • Selanjutnya, pilih menu WhatsApp Web
  • Jika terdapat perangkat lain yang terhubung dengan akun WA anda dan lokasinya tidak jelas, itu berarti akun WA anda disadap.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus logout atau keluar dari semua perangkat. Perlu diingat, bahwa banyak orang menggunakan aplikasi whatweb cloner untuk mempermudah proses sadap mereka. Jadi, berhati-hati lah!

2. Suara Bising Saat Melakukan Panggilan Suara atau VC

Salah satu cara untuk mengetahui apakah WA anda disadap atau tidak adalah dengan memperhatikan suara yang Anda dengar saat melakukan panggilan suara atau VC. Jika Anda mendengar suara bising, bisa jadi percakapan anda sedang disadap.

Tanyakan kepada orang yang Anda ajak telepon atau VC apakah ia berada di lokasi yang bising atau tidak. Jika ternyata Anda dan dirinya berada di area yang tenang, suara bising tersebut menandakan percakapan anda disadap.

Menurut sumber yang terpercaya, sumber suara bising ini berasal dari mesin yang digunakan untuk merekam percakapan anda.

3. Tidak Dapat Digunakan untuk Telepon WA

Tanda lain yang mengindikasikan bahwa akun WA anda sedang disadap adalah tidak dapat digunakan untuk telepon WA. Mungkin Anda tidak menyadarinya hingga Anda melakukan panggilan suara dengan seseorang dan gagal melakukannya.

Jadi, Anda hanya perlu menelpon teman atau kerabat untuk mengetahui apakah WA anda disadap atau tidak. Sebaiknya Anda sering-sering melakukannya agar keamanan akun WA lebih terkontrol.

4. Baterai Cepat Habis

Cara mengetahui chat WA yang disadap ini sangat sederhana. Anda hanya perlu mengamati penggunaan baterai gadget anda. Jika baterai tersebut tiba-tiba cepat habis tidak seperti biasanya, ada kemungkinan bahwa akun WA anda sedang disadap.

Cara tersebut mungkin terdengar sepele dan remeh.

5. Boros Kuota

Anda dapat mengetahui penyadapan akun WA anda melalui penggunaan kuota. Jika penggunaan kuota anda tiba-tiba di luar batas tanpa sebab, hal tersebut mengindikasikan bahwa chat WA anda disadap oleh orang lain.

Penggunaan kuota yang tidak biasa ini disebabkan karena aplikasi penyadap membuat semua pesan, foto, dan video dikirimkan ke gadget orang yang menyadap WA anda. Oleh karena itu, Anda sebaiknya sering-sering mengecek penggunaan data internet anda.

6. Pesan Terbaca Padahal Anda Belum Membacanya

Ketika Anda menerima notifikasi pesan WA masuk ke gadget anda dan saat Anda membukanya ternyata pesan tersebut telah terbaca, maka kemungkinan besar chat WA anda telah disadap. Hal ini terjadi karena pihak penyadap telah membacanya.

Jadi, jika jumlah obrolan atau pesan masuk ke aplikasi WA anda berkurang tanpa Anda membacanya, Anda sebaiknya mulai berhati-hati saat chatting WA. Selain itu, Anda sebaiknya menggunakan aplikasi chat lain.

7. Seseorang Mendapat Pesan dari Anda Padahal Anda tidak Mengirimkannya

Beberapa penyadap tidak hanya menyadap pesan WA namun juga menyadap akun WA untuk melakukan penipuan. Jika teman atau kerabat bercerita bahwa Anda mengirimkan suatu pesan yang tidak anda kirimkan, Anda perlu waspada karena WA anda telah disadap.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat membuat pengumuman yang berisi bahwa nomor WA anda telah dibajak oleh orang lain. Anda sebaiknya juga lapor polisi jika akun tersebut digunakan untuk hal-hal yang tidak menyenangkan.

8. WA Log Out dengan Sendirinya

Pembajakan akun WA sangat marak dilakukan akhir-akhir ini. Salah satu tanda bahwa WA telah dibajak adalah aplikasi tersebut log out dengan sendirinya dan tidak bisa dipakai lagi. Hal ini biasanya terjadi setelah mendapat pesan penipuan yang meminta anda mengirim kode OTP.

Agar terhindar dari hal tersebut, Anda harus menjaga kerahasiaan kode OTP. Sehingga, jika ada orang yang meminta kode tersebut, Anda tidak boleh memberikannya.

9. Online Namun Non Aktif

Metode lain yang dapat dilakukan untuk mengetahui penyadapan WA adalah dengan mengecek apakah WA anda online atau tidak melalui WA orang lain. Jika ternyata akun anda online padahal sedang offline, itu artinya akun tersebut telah dibajak.

10. Temperatur Gadget Meningkat

Tanda sepele lain yang mengindikasikan bahwa WA anda dibajak adalah temperatur gadget meningkat padahal Anda tidak menggunakan gadget tersebut. Penyebab meningkatnya temperatur ini adalah aplikasi penyadap yang memakai aplikasi WA untuk aktif setiap saat.

Baca juga Cara Install WhatsApp di Linux elementary OS [100%WORK]

Penutup

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang cara mengetahui chat WA yang disadap. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel WhatsApp berikutnya.

Referensi tulisanĀ  : https://ngetricks.com/

Leave a Comment