Cara Setting Unifi Controller dengan Android (Lewat HP)

Apakah Anda sedang mencari Cara Setting Unifi Controller dengan Android (Lewat HP), jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Semoga artikel berikut ini dapat bermanfaat.

Unifi Controller adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengelola perangkat jaringan Unifi, seperti access point, switch, dan router. Unifi Controller dapat diinstal di komputer, server, atau cloud. Namun, jika Anda tidak memiliki perangkat tersebut atau ingin lebih praktis, Anda juga bisa menggunakan smartphone Android sebagai Unifi Controller.

Berikut adalah langkah-langkah untuk setting Unifi Controller dengan Android:

  1. Download dan instal aplikasi Unifi Network di Google Play Store. Aplikasi ini gratis dan kompatibel dengan Android versi 6.0 ke atas.
  2. Buka aplikasi Unifi Network dan pilih opsi “Launch a Browser to Manage the Network”. Aplikasi ini akan membuka browser bawaan Android dan mengarahkan Anda ke halaman login Unifi Controller.
  3. Masukkan username dan password Unifi Controller Anda. Jika Anda belum memiliki akun, Anda bisa membuatnya dengan memilih opsi “Sign Up” di bawah kolom login. Anda juga bisa menggunakan akun Google atau Facebook untuk login.
  4. Setelah login, Anda akan melihat dashboard Unifi Controller yang menampilkan informasi umum tentang jaringan Anda, seperti jumlah perangkat, klien, throughput, dan lain-lain. Anda bisa mengeksplorasi fitur-fitur Unifi Controller dengan menggunakan menu di sebelah kiri layar.
  5. Untuk menambahkan perangkat Unifi ke jaringan Anda, Anda perlu melakukan proses adopt. Adopt adalah proses untuk menghubungkan perangkat Unifi ke Unifi Controller dan mengkonfigurasinya sesuai dengan pengaturan jaringan Anda. Ada dua cara untuk melakukan adopt, yaitu melalui aplikasi Unifi Network atau melalui browser.
  6. Jika Anda ingin melakukan adopt melalui aplikasi Unifi Network, Anda perlu memastikan bahwa smartphone Android Anda dan perangkat Unifi berada dalam jaringan yang sama. Kemudian, buka aplikasi Unifi Network dan pilih opsi “Devices” di bagian bawah layar. Aplikasi ini akan menampilkan daftar perangkat Unifi yang terdeteksi di jaringan Anda. Pilih perangkat yang ingin Anda adopt dan tekan tombol “Adopt” di kanan atas layar. Ikuti instruksi yang muncul di layar untuk menyelesaikan proses adopt.
  7. Jika Anda ingin melakukan adopt melalui browser, Anda perlu memastikan bahwa perangkat Unifi sudah terhubung ke jaringan internet. Kemudian, buka browser di smartphone Android Anda dan masuk ke halaman Unifi Controller seperti langkah 2-4 di atas. Pilih menu “Devices” di sebelah kiri layar dan Anda akan melihat daftar perangkat Unifi yang terhubung ke internet. Pilih perangkat yang ingin Anda adopt dan tekan tombol “Adopt” di kanan bawah layar. Ikuti instruksi yang muncul di layar untuk menyelesaikan proses adopt.
  8. Setelah proses adopt selesai, Anda bisa mengatur berbagai pengaturan untuk perangkat Unifi Anda, seperti nama, lokasi, ssid, password, vlan, firewall, dan lain-lain. Anda bisa mengakses pengaturan tersebut dengan memilih menu “Devices” dan kemudian memilih perangkat yang ingin Anda atur. Di sini, Anda juga bisa melihat status dan statistik perangkat Unifi Anda.
  9. Selain mengatur perangkat Unifi secara individu, Anda juga bisa mengatur pengaturan jaringan secara global dengan menggunakan menu “Settings” di sebelah kiri layar. Di sini, Anda bisa mengatur berbagai aspek jaringan Anda, seperti network profiles, wireless networks, guest control, user groups, site settings, controller settings, dan lain-lain.
  10. Untuk memantau kinerja dan aktivitas jaringan Anda, Anda bisa menggunakan menu “Dashboard”, “Statistics”, “Insights”, dan “Alerts” di sebelah kiri layar. Di sini, Anda bisa melihat berbagai informasi penting tentang jaringan Anda, seperti throughput, latency, traffic analysis, device health, client history, event logs, dan lain-lain.
BACA JUGA  Apa Itu WSA (Windows Subsystem for Android) di Windows 10 dan 11?

Baca juga: Cara Setting Router Wifi Indihome agar Ping kecil

Demikianlah cara setting Unifi Controller dengan Android. Dengan menggunakan smartphone Android sebagai Unifi

Leave a Comment