Tulisan Tangan Yang Disukai HRD

Apakah Anda sedang mencari Tulisan Tangan Yang Disukai HRD, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Semoga artikel berikut ini dapat bermanfaat.

Salah satu syarat yang sering diminta oleh perusahaan saat melamar kerja adalah CV atau surat lamaran kerja tulis tangan. Apa sih tujuan dari CV tulis tangan ini? Dan bagaimana cara membuatnya agar disukai oleh HRD?

CV tulis tangan adalah dokumen yang berisi informasi tentang diri, pendidikan, pengalaman, dan keterampilan pelamar kerja yang ditulis dengan tangan. Tujuan dari CV tulis tangan ini adalah untuk mengetahui kepribadian, karakter, dan motivasi pelamar kerja dari gaya tulisannya.

Tulisan tangan seseorang bisa mencerminkan sifat dan emosi yang sedang dialami. Misalnya, tulisan yang besar dan tebal menunjukkan sifat percaya diri dan berani, sedangkan tulisan yang kecil dan tipis menunjukkan sifat pemalu dan ragu-ragu.

Selain itu, CV tulis tangan juga bisa menunjukkan seberapa rapi, teliti, dan profesional pelamar kerja dalam menyusun dokumen penting. HRD akan melihat apakah CV tulis tangan tersebut mudah dibaca, tidak ada kesalahan ejaan atau tata bahasa, tidak ada coretan atau tip-ex, dan menggunakan kertas dan pulpen yang bersih dan berkualitas.

Lalu, bagaimana cara membuat CV tulis tangan yang disukai HRD? Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

  1. Siapkan kertas folio atau A4 berwarna putih polos tanpa garis atau motif. Gunakan pulpen berwarna hitam atau biru tua yang tidak mudah luntur atau bocor.
  2. Tuliskan data diri lengkap di bagian atas kertas, seperti nama, alamat, nomor telepon, email, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, status pernikahan, agama, dan foto terbaru.
  3. Tuliskan riwayat pendidikan formal dari tingkat terakhir hingga terendah, seperti universitas, sekolah menengah atas, dan sekolah dasar. Sertakan nama lembaga, jurusan, tahun masuk dan lulus, serta nilai rata-rata jika ada.
  4. Tuliskan pengalaman kerja atau organisasi yang relevan dengan posisi yang dilamar. Sertakan nama perusahaan atau organisasi, jabatan atau posisi, periode kerja atau keanggotaan, serta tanggung jawab atau prestasi yang dicapai.
  5. Tuliskan keterampilan atau kemampuan yang kamu miliki dan sesuai dengan bidang pekerjaan yang diinginkan. Misalnya, keterampilan bahasa asing, komputer, komunikasi, kepemimpinan, dll.
  6. Tuliskan tujuan atau motivasi kamu melamar pekerjaan di perusahaan tersebut secara singkat dan jelas. Jelaskan apa yang membuat kamu tertarik dengan perusahaan tersebut dan apa kontribusi yang bisa kamu berikan jika diterima.
  7. Tutup CV tulis tangan dengan ucapan terima kasih dan hormat kepada HRD serta tandatangan dan nama lengkap kamu di bagian bawah kertas.
BACA JUGA  10 Aplikasi Edit Video di HP Android Terbaik dan Terbaru

Contoh CV tulis tangan yang baik dan benar bisa kamu lihat di berbagai sumber online atau buku panduan karir. Namun ingat, jangan menyalin atau menjiplak CV orang lain karena itu bisa merugikan diri sendiri.

CV tulis tangan adalah salah satu cara untuk menunjukkan diri kamu kepada HRD secara profesional dan personal. Oleh karena itu, buatlah CV tulis tangan dengan rapi, teliti, dan jujur agar bisa meninggalkan kesan positif dan memperbesar peluang kamu diterima bekerja di perusahaan impian kamu.

Leave a Comment