Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting (Server)

Sawal Walker, Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting – Tahukah anda kelebihan dan kekurangan dari shared hosting?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang kelebihan dan kelemahan shared hosting. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai kelebihan & kekurangan shared hosting secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Anda ingin memasang layanan web hosting berupa shared hosting? Sebelum Anda membuat keputusan untuk menggunakan shared hosting, maka penting untuk memahami kelebihan dan kekurangan dari layanan ini.

Opsi hosting yang benar tergantung pada jenis situs web atau blog yang Anda jalankan. Nah, berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan share hosting server yang dapat diuntungkan oleh bisnis atau individu.

kelebihan dan kekurangan shared hosting

Apa Itu Shared Hosting?

Shared hosting adalah salah satu pilihan populer terutama bagi website yang baru, pada dasarnya jenis hosting ini bekerja untuk memberikan sumber daya server yang nantinya akan digunakan oleh beberapa situs website yang memiliki layanan sama. Penjelasan lebih luasnya lagi adalah bahwa shared hosting ini memberi layanan dengan account hosting yang diletakan bersama-sama beberapa account lainnya didalam satu server yang sama sehingga dalam kinerjanya akan memakai server bersama.

Kelebihan Shared Hosting

Apa saja kelebihan dari shared hosting? Cari tahu jawabannya di bawah ini :

1. Efektivitas dan Kustomisasi Biaya

Mungkin keuntungan terbesar dari shared web hosting adalah tawaran harganya yang sangat terjangkau. Orang bisa mendapatkan manfaat yang sangat besar dengan memilih layanan ini daripada yang lain.

Dengan shared hosting, Anda juga memiliki banyak peluang untuk mendapatkan lebih banyak ruang hampir tanpa biaya. Hal ini disebabkan oleh persaingan yang ketat karena sejumlah besar perusahaan web hosting di pasar.

Adapun opsi untuk penyesuaian sumber daya di shared hosting dibagi di antara beberapa pengguna, namun, situs web masih dikelola oleh webmaster menggunakan alat panel kontrol. Alat panel kontrol shared hosting sendiri juga cukup user-friendly dan serbaguna, karena terdapat sejumlah penyesuaian yang tersedia. Ini membantu pengguna untuk mengelola berbagai fitur seperti mengunggah file dan gambar.

2. Nyaman digunakan

Alat kontrol yang ada di shared hosting sangat penting untuk memeriksa statistik situs. Efektivitas dan penyesuaian biaya dapat digabungkan menjadi manfaat lain yakni kenyamanan. Ketika kita ingin menjalankan halaman web, akses ini sangat nyaman dijalankan.

Manajemen situs web dikelola oleh para ahli yang sangat profesional sehingga memberi Anda kenyamanan yang memungkinkan Anda bisa menjalankan bisnis dengan lancar.

3. Harga yang sangat terjangkau

Shared hosting adalah layanan sangat murah, biasanya hanya berkisar sekian dolar per bulan dengan tarif promosi pengantar penyedia. Tarif tersebut biasanya naik ke tarif paket standar situs setelah periode promosi berakhir, tetapi bahkan pada tarif standar itu, shared hosting tetap menjadi opsi paling murah untuk hosting situs web dasar.

Shared hosting umumnya menawarkan fitur tambahan yang relatif sedikit dan rumit dengan harga layanan yang bisa dikatakan murah.

4. Mudah Diatur

Shared hosting berfungsi paling baik untuk situs yang masih baru dan situs kecil yang tidak melihat banyak lalu lintas. Manfaat ini memungkinkan layanan ini untuk tetap dalam batas-batas yang ditentukan oleh banyak pengguna yang mengambil sumber daya terbatas.

Setelah situs mencapai tingkat lalu lintas bulanan tertentu atau menggunakan ruang disk yang dialokasikan, Anda mungkin perlu meningkatkan ke tingkat shared hosting yang berbeda, atau beralih ke hosting jenis lain.

5. Sangat efisien

Salah satu aspek terpenting dari web hosting adalah jumlah ruang disk dan bandwidth yang disediakan oleh server. Bandwidth membantu pemilik bisnis menjalankan situs web dan bisnis mereka secara efisien, dan shared hosting menyediakan lebih dari bandwidth yang memadai, memberi Anda peluang untuk menambahkan lebih banyak sumber daya di situs Anda.

Baca juga 6 Jenis-Jenis Layanan Hosting Yang Perlu Kamu Ketahui

Kekurangan Shared Hosting

Shared hosting juga memiliki kekurangan, di antaranya adalah :

1. Keamanan kurang

Salah satu masalah terbesar untuk shared hosting adalah keamanan ke server. Shared hosting sangat terlihat oleh peretas dan dapat mempengaruhi seluruh klien. Ada beberapa contoh di mana skrip berbahaya yang dijalankan di situs web yang terpisah juga telah merugikan orang di sekitarnya. Sayangnya ini membuatnya menjadi sasaran empuk bagi peretas.

Adapun, yang membuat segalanya menjadi lebih buruk, karena Anda diberikan platform daripada infrastruktur itu sendiri. Anda tidak dapat menginstal antivirus atau firewall khusus untuk melindungi situs web Anda. Namun, ketika Anda menggunakan host web yang memiliki reputasi baik, masalah ini hampir tidak mungkin terjadi karena mereka memiliki banyak protokol keamanan.

2. Kinerja Terbatas

Shared hosting adalah layanan yang mana semua situs web berjalan pada satu server yang artinya secara efektif membuat server rentan terhadap kinerja. Misalnya, jika satu situs web mengalami lonjakan lalu lintas dan server tidak dirancang untuk menangani hal ini. Maka tentu saja hasil tersebut akan merusak situs web lain juga. Situs web Anda dapat melambat dan kinerja terbatas.

Perubahan lalu lintas pengguna yang tiba-tiba itu dapat berdampak langsung pada kinerja situs web Anda sehingga perlu waktu lama untuk memuat halaman. Hal ini tentu saja bisa membuat frustasi bagi pengunjung Anda yang mungkin memilih untuk mencari informasi di tempat lain.

3. Crash

Dalam kasus terburuk, shared hsoting bahkan dapat menyebabkan sistem menjadi crash. Meskipun Anda dapat dengan mudah mendapatkan penyedia hosting web, ketergantungan pada shared hosting selalu dipertanyakan.

Terlepas dari semua langkah proaktif yang diberlakukan, tindakan menempatkan ribuan situs web pada satu server membuat mesin mengalami kegagalan.

Baca juga Review Plugin Ongkos Kirim WooCommerce Buatan Indonesia

Penutup

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang kelebihan dan kekurangan Shared Hosting yang harus Anda ketahui sebelum membeli hosting. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel WordPress berikutnya.

Leave a Comment