Kelebihan dan Kekurangan VPS Hosting

By | July 3, 2019

Sawal Walker, Kelebihan dan Kekurangan VPS Hosting – Tahukah anda kelebihan dan kekurangan dari VPS?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang keuntungan dan kelemahan VPS (virtual private server). Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan VPS secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan VPS Hosting

Apa Itu VPS? Kenapa Harus VPS?

VPS adalah server khusus virtual dan server khusus yang sangat dinamis. Ada dua jenis VPS lebih lanjut yaitu hosting VPS terkelola, yang lebih mahal daripada layanan hosting VPS yang tidak dikelola. VPS pada dasarnya adalah jembatan ekonomis antara paket shared hosting yang paling murah dan paket hosting web khusus yang sangat mahal.

Mungkin ada banyak VPS yang dihosting pada satu server web fisik. Server web fisik melakukan booting secara normal dan kemudian menggunakan perangkat lunak untuk mem-boot setiap VPS secara independen dalam lingkungan virtualisasi.

VPS tidak memiliki akses langsung ke hardware server fisik. Boot VPS dilakukan dari image disk. Hampir semua perusahaan web hosting menawarkan paket VPS kepada pelanggan mereka. Hosting yang dikelola dapat dipantau dan dikendalikan menggunakan alat tertentu. Lalu apa sajakah kelebihan dan kekurangan dari VPS hosting itu sendiri?

Kelebihan hosting VPS

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari VPS hosting di antaranya adalah :

1. Kinerja lebih baik

Anda semua tahu pentingnya kecepatan sebuah halaman pencarian. Kelemahan terbesar dalam shared hosting adalah bahwa situs web menghadapi kecepatan rendah dan downtime.

Sementara hosting VPS memiliki kinerja yang lebih baik dan peningkatan waktu karena Anda tidak berbagi RAM, CPU, atau sumber daya apa pun dengan orang lain.

2. Bisa terkontrol sepenuhnya

Di hosting VPS Anda akan memiliki kontrol penuh untuk server Anda seperti halnya dedicared hosting. Anda juga dapat sepenuhnya mengakses server virtual Anda yang bisa menjadi kelebihan luar biasa karena Anda bisa menginstal kerangka kerja dan software Anda sendiri.

Anda juga tidak perlu khawatir tentang orang lain ketika mengonfigurasi dan memulai ulang server karena Anda adalah satu-satunya yang di-host dan menjalankan server.

3. Fleksibilitas

Anda dapat melakukan uji coba yang bagus dengan hosting VPS. Berdasarkan kebutuhan bisnis Anda, Anda dapat menyesuaikan atau mengubah paket Anda seperti peningkatan memori, bandwidth, dan lainnya.

Anda juga tidak perlu bekerjasama dalam kontrak jangka panjang apa pun.

4. Biaya yang sangat efektif

VPS hosting terletak di antara shared hosting dan dedicated hosting dan karenanya harga VPS hosting sangat terjangkau bila dibandingkan dengan dedicated hosting.

VPS adalah pilihan terbaik jika Anda ingin meningkatkan dari shared hosting karena keamanan dan kinerja atau jika Anda ingin menurunkan versi dari dedicated hosting karena harganya.

5. Privasi dan Keamanan yang Terjaga

Di hosting VPS, Anda tidak perlu khawatir tentang aktivitas jahat dari peretas dan Anda bebas dari peretas. Tingkat privasi dan keamanannya tinggi karena Anda menyewa VPS langsung dari hosting.

6. Dukungan layanan 24 jam

Di hosting VPS, Anda akan memiliki 24 x 7 dukungan pelanggan terbaik jika nantinya ada masalah dengan server. Layanan ini tidak akan dapat Anda di hosting bersama.

Adapun kelebihan lainnya dalah :

7. VPS dapat menyediakan penggunaan yang sangat fleksibel dan nyaman untuk webmaster.
8. Aplikasi web tambahan lainnya dapat dengan mudah digunakan oleh VPS.
9. Setiap VPS dapat di-boot ulang secara independen.
10. Setiap VPS memiliki sistem operasinya sendiri.
11. Setiap VPS memiliki salinan layanan operasinya sendiri. Pengguna dapat menginstal dan menjalankan software apa pun yang membutuhkan sistem operasi itu.
12. Webmaster dapat memilih semua jenis sistem operasi dan aplikasi web yang diperlukan untuk menjalankan situs webnya secara efektif.
13. VPS cukup stabil dan menawarkan layanan yang konsisten
14. Webmaster dapat memiliki akses ke tingkat root dari server hosting
15. VPS menawarkan lebih banyak kebebasan dan fitur daripada server shared hosting.
16. VPS dapat memungkinkan webmaster meng-host banyak situs web dengan sangat efisien
17. Akun VPS biasanya akan datang dengan lebih banyak layanan dan alat dari host web Anda

Kekurangan Hosting VPS

Selain memiliki kelebihan, hosting VPS juga memiliki kekurangan du antaranya adalah :

1. Sumber Daya Terbatas

Di hosting VPS Anda tidak akan pernah mendapatkan fitur dan sumber daya seperti di dedicated hosting. Anda diberikan paket dan sumber daya terpisah dan dibagikan dengan orang lain di server fisik.

2. Membutuhkan pengetahuan teknis

Dengan memilih hosting VPS, maka Anda perlu lebih banyak tanggung jawab dalam memasang software untuk memelihara server dan mengantisipasi masalah keamanan, dll. Itu sebabnya untuk mengelola dan memelihara server VPS Anda harus memiliki pengetahuan teknis.

3. Kurang kuat

Hosting VPS kurang kuat jika dibandingkan dengan dedicated hosting dan lebih mahal dari shared hosting.

Baca juga Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting (Server)

Penutup

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang kelebihan dan kekurangan VPS hosting, karena memang semua pilihan hosting selalu ada kelebihan dan juga keuntungan. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel WordPress berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: Sawal Walker

Ketika Allah memberikanmu nikmat secara finansial, jangan naikkan standar hidupmu, melainkan tingkatkan standarmu dalam berbagi.

Jelajahcoin Tukang Listrik Panggilan 082299093210 (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *