5 Tips Jawaban Komentar di Instagram Yang Beretika

Apakah Anda sedang mencari tips jawaban komen instagram, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat. Karena pada artikel kali ini kami akan membagikan etika dasar dalam ber komentar di Instagram.

Tips Jawaban Komentar di Instagram

Tips Jawaban Komen Instagram

Komentar memang menjadi hak pribadi tetapi ada beberapa tips jawaban komen instagram yang berupa etika. Hal ini menyangkut kesopanan dan menjaga harga diri. Baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Di bawah ini adalah etika dalam berkomentar :

1. Tidak menyinggung unsur SARA, baik secara langsung maupun tidak langsung

Etika yang harus diperhatikan pertama saat berkomentar di instagram yaitu SARA. Setiap komentar yang hendak ditulis harus menggunakan kata – kata yang tidak fulgar, menyudutkan / menyinggung / menyindir suku / ras / agama tertentu serta golongan maupun kelompok tertentu. Baik itu yang berasal dari lokal maupun luar negeri.

Sebagai negara yang kaya akan ras, suku dan agama sangat rentan akan kasus SARA. Telah banyak kasus yang berkaitan dengan unsur SARA. Beberapa diantaranya ada yang dibawa di meja hijau. Bahkan banyak pula kasus SARA yang dibiarkan begitu saja.

2. Komentar tidak mengandung unsur kebencian

Rasa benci dan tidak suka dengan orang lain merupakan hal yang sangat wajar. Karena hal ini pula untuk tips jawaban komen instagram ini sangat sulit untuk dihindari. Khususnya komentar untuk beberapa publik figur yang sedang tersandung kasus / perilaku yang dianggap kurang pantas.

Melontarkan pikiran dan pendapat dari suatu hal yang negatif memang sangat sulit dipungkiri untuk terhindar dari kata – kata yang mengandung kebencian. Jadi khusus untuk tips berkomentar satu ini harus memperhatikan atitute. Khususnya untuk para publik figur. Supaya dapat terhindar dari resiko komentar dengan unsur kebencian.

Sebab ada sebuah kasus hanya karena memperoleh komentar dengan kebencian, dapat membuat orang menjadi depresi hingga bunuh diri. Oleh sebab itu, sebaiknya kontrol emosi untuk tidak melontarkan pendapat atas hal yang negatif.

3. Tidak merespon komentar yang kurang mengenakan

Tips untuk berkomentar selanjutnya yaitu dengan tidak memberikan respon atas komentar yang kurang mengenakan. Meskipun merasa geram atas komentar negatif, harus dapat mengontrol emosi untuk tidak melanyani komentar yang sangat tidak mengenakan. Jika memberikan respon atas komentar tersebut, hanya dapat berujung percecokan.

Jadi setiap muncul komentar negatif, sebaiknya dibiarkan begitu saja. Meskipun pada kenyataannya komentar negatif itu sangat jauh dari fakta yang sesungguhnya.

4. Hindari kata – kata sindiran

Ketika berkomentar, sebaiknya tidak menggunakan kata – kata sindiran. Karena setiap kata sindiran mengandung jutaan makna. Lalu juga dapat menimbulkan berbagai macam kesalahpahaman.

Hal yang lebih parah, kata – kata sindiran tidak tepat sasaran dan malah berujung menyakiti orang – orang yang dicintai. Dengan kata lain kata sindiran yang telah dilontarkan gagal menyinggung orang yang dituju. Karena itu sebaiknya berpikir ulang sebelum menggunakan kata kiasan dan sindiran.

5. Tidak membuka aib

Tips jawaban komentar di instagram terakhir yaitu tidak membuka aib. Entah itu aib diri sendiri maupun orang lain. Meskipun hanya sebatas mencairkan suasana dan hanya sebagai candaan, tidak lantas mengkaitkan dengan aib. Entah itu hanya berupa hal yang sangat sepele.

Karena sesungguhnya aib itu tidak untuk diumbar. Namun disimpan untuk diri sendiri dan menjadikan itu sebagai suatu pembelajaran yang sangat berharga.

Baca juga: Contoh Komentar Iklan di Instagram Untuk Promosi

Penutup

Dari semua tips jawaban komen instagram di atas, pada dasarnya semua bergantung pada kesadaran diri sendiri. Hal yang paling penting yaitu dengan berusaha untuk mengontrol emosi dan tidak mudah terpancing dengan kata – kata negatif. Sehingga instagram pun menjadi sosial media yang hanya berfungsi sebagai komunikasi dan melontarkan hal negatif.

Leave a Comment