NEWSLETTER

Cek dan Mengatasi Touchscreen iPhone Tidak Responsif

Sawal Walker, Cek dan Mengatasi Touchscreen iPhone Tidak Responsif – Tahukah anda kenapa touchscreen iPhone tidak responsif ?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang cek serta cara mengatasi touchscreen iPhone tidak responsif. Touchscreen kurang responsif atau bergerak sendiri, biasa dialami pada iPhone 4 4s 5 5s dan 6. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai touchscreen iPhone tidak responsif secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Touchscreen iPhone Tidak Responsif

Layar sentuh atau touchscreen bagi smartphone adalah bagian paling penting. iPhone sebagai salah satu smartphone populer juga kadang memiliki masalah terhadap touchscreen tidak responsif atau suka bergerak sendiri.

Pengguna iPhone 6S yang cukup sering mengalami touchscreen pada iPhone tidak responsif. Ada beberapa cara cek touchscreen iPhone apakah masih responsif atau tidak.

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk tes touchscreen pada iPhone yaitu menggunkan aplikasi ataupun hanya berdasarkan pengamatan saja. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab masalah tersebut. Pertama adalah masalah pada software dan kedua pada hardware.

Baca juga Cara Mematikan iPhone Tanpa Menyentuh Layar

Jika masalah timbul dari software maka cara mengatasinya sangat mudah dan tidak perlu menggunakan jasa servis. Lain halnya jika masalah terjadi pada hardware, proses perbaikan harus melibatkan penggantian komponen yang rusak dan tidak mungkin kamu melakukannya sendiri.

Cara Cek Touchscreen iPhone tidak berfungsi sebagian

Sebelum membawa iPhone kamu ke tempat service, coba cek dulu apakah touchscreen pada iPhone kamu benar-benar sudah tidak responsife lagi, mungkin saja masalah tersebut hanya terjadi dalamm beberapa menit saja. Untuk mengetahuinya kamu bisa baca cara tes touchscreen pada iPhonedibawah ini.

1. Sentuhan Langsung

Kamu bisa melakukan sentuhan langsung ke layar touchscreen iPhone. Coba lakukan touch random ke berbagai arah dengan durasi cepat.

Jika saat melakukan sentuhan tersebut terdapat respon yang cukup lama, itu bisa menjadi ciri kalau touchscreen iPhone kamu mulai tidak sensitif.

2. Touchscreen Test

Cara tes touchscreen iPhone yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Touchscreen Test.

Kamu bisa unduh dan install aplikasi ini di App Store secara gratis. Cara menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah.

Cara Mengatasi Touchscreen iPhone Tidak Responsif

Setelah kamu selesai mengecek touchscreen iPhone dan hasilnya ternyata layar touchscreen iPhone kamu sudah tidak responsif. Jangan langsung buru-buru pergi ke tempat service, coba cara memperbaiki touchscreen iPhone di bawah ini, siapa tau touchscreen iPhone kamu bisa kembali normal lagi.

1. Restart

Mematikan dan menghidupkan iPhone kembali merupakan cara yang paling mudah di lakukan jika touchscreen tidak responsif. Kamu cukup menahan tombol power hingga muncul perintah slide to shutdown, tunggu beberapa menit dan hidupkan kembali iPhone kamu dengan menekan tombol power.

Dengan melakukan restart pada iPhone maka semua sistem iOS akan mati sementara dan kembali bekerja saat iPhone di nyalakan.

Secara normal, restart bisa memperbaiki beragam kesalahan dan error yang terjadi pada sistem, mungkin saja masalah touchscreen tidak responsif bisa di selesaikan dengan cara ini.

2. Matikan Semalaman

Jika cara pertama masih belum berhasil, maka kamu bisa menggunakan cara kedua yaitu dengan mematikan iPhone semalaman.Pastikan saat iPhone kamu sedang dalam kondisi off kamu jangan melakukan apapuun terhadap iPhone kamu, biarkan saja.

Ketika iPhone di matikan dalam durasi yang cukup lama, maka semua komponen di dalam iPhone akan beristirahat untuk sementara. Meski tingkat keberhasilannya kecil namun tidak ada salahnya untuk melakukan cara ini.

3.Reset

Dengan melakukan reset pada iPhone maka semua sistem akan kembali seperti semula dan iPhone kamu akan terlihat baru kembali.

Harusnya setelah proses reset selesai semua bug dan beragam masalah pada iPhone akan ikut hilang.

4. Restore

Restore memiliki dampak yang sama seperti reset, yaitu menghapus semua bug. Bedannya pada proses restore melibatkan proses download iOS di server Apple lalu melakukan install ulang pada iPhone kamu.

Cara ini juga bisa kamu coba untuk memperbaiki touchscreen iPhone tidak responsif.

5. Upgrade atau Downgrade

Bisa jadi penyebab layar sentuh atau touchscreen iPhone yang tidak responsif adalah karena iOS pada iPhone tersebut.

Jika masalah timbul setelah kamu update iOS maka kamu perlu untuk mlakukan downgrade iOS. Tetapi jika kamu sudah melakukan downgrade iOS, maka kamu perlu menunggu hingga mendapatkan update iOS terbaru.

6.Bawa ke Service Center

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan jika penyebab touchscreen iPhone tidak responsif adalah karena adanya kerusakan pada hardware.

Tak ada cara lain selain harus membongkar dan mengganti bagian komponen yang rusak tersebut. Kamu bisa membawa iPhone ke service center, agar proses perbaikan bisa di lakukan oleh ahlinnya.

Baca juga 2 Cara Membuka iPhone Yang Terkunci Lock iCloud Tanpa PC

Penutup

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang Cek dan Mengatasi Touchscreen iPhone Tidak Responsif, dimana bisa kamu lakukan agar touchscreen pada iPhone kembali berfungsi normal. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel iPhone berikutnya.

You May Also Like

Sawal Walker

About the Author: Sawal Walker

Ketika Allah memberikanmu nikmat secara finansial, jangan naikkan standar hidupmu, melainkan tingkatkan standarmu dalam berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *