Penyebab, Ciri-ciri Burung Stres dan Cara Mengatasinya

Sawal Walker, Penyebab, Ciri-ciri Burung Stres dan Cara Mengatasinya – Tahukah anda tentang burung stres?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang penyebab, ciri burung stres dan cara yang benar untuk mengatasinya. Oleh karena itu, marilah simak ciri-ciri burung stres lengkap dengan penyebab dan cara Mengatasinya secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Penyebab, Ciri-ciri Burung Stres dan Cara Mengatasinya

Dalam merawat burung, stres akan kemungkinan terjadi pada burung yang sedang di pelihara jika melakukan perawatan yang kurang tepat.

Burung kicauan di pelihara agar nantinya kualitas kemampuan dalam berkicau pada burung tersebut dapat meningkat lebih baik dari sebelumnya.

Apapun kemampuan yang dimiliki oleh burung, entah itu masih belajar berkicau atau sudah rajin berkicau dengan kualitas yang bagus, yang namanya stres, burung bisa saja terjadi.

Bayangkan, burung di pelihara dari kecil hingga dewasa dan memiliki kemampuan berkicau yang baik, secara tiba-tiba burung tersebut burung menjadi stres. Maka, dengan terjadinya stres pada burung, maka akan mendapatkan kerugian dari pemilik burung dan bagi burung itu sendiri, karena dapat berdampak pada kemampuan berkicau dan kesehatan burung.

Ciri-ciri Burung Stres

Macet bunyi atau menjadi jarang berkiccau, merupakan suatu hal yang akan terjadi ketika burung dalam keadaan stres, namun bukan hanya itu saja, ada beberapa hal lainnya yang membuat kualitasnya menurun, seperti :

  • Pada jenis beberapa burung, ketika mengalami stres, seperti burung paruh bengkok akan menyakiti dirinya sendiri, seperti mencabuti bulunya, terutama bulu bagian dadanya. Contohnya seperti burung lovebird
  • Meskipun terlihat sehat, karena memiliki nafsu makan yang baik, burung stres biasanya akan mengembangkan bulunya
  • Tidak mau berkicau dan meskipun berkicau hanya sebatas kicauan biasa atau menurun kualitasnya
  • Burung yang tadinya jinak menjadi mendadak giras
  • Tidak mau makan Voer, meskipun sebelumnya sudah terbiasa makan Voer

Penyebab Burung Stres

Untuk melihat ciri-ciri apakah burung dalam keadaan stres bisa dilihat pada penjelasan di atas, akan tetapi untuk mengetahui penyebabnya , maka bisa melihat pada beberapa hal, seperti :

  • Kurangnya perhatian dari pemilik burung terhadap burung ( burung merasa di abaikan oleh pemiliknya )
  • Perjalanan jauh bisa membuat burung stres, biasanya terjadi pada burung anis merah, cucak ijo, burung kenari
  • Kandang baru, bisa membuat burung stres. Maka dari itu jika burung tidak menyukai sangkar baru, pindahkan saja ke sangkar lama
  • Burung ketakuatan terhadap hewan predator, seperti kucing, anjing, tikus, ular bisa membuat burung stres
  • Terkena pencemanran udara, seperti pencemaran udara oleh asap kendaraan, asap pembakaran sampah dan penyemaran lingkungan lainnya
  • Perubahan pemberian pakan yg mendadak
  • Burung masih giras atau belum jinak
  • Kandang burung terlalu kecil
  • Keracunan pakan
  • Burung dalam keadaan sakit, mabung dan kurang Fit
  • Di tinggalkan oleh pasangannya
  • Burung kaget karena suara yang keras
  • Sangkar burung jatuh dari ketinggian

Nah, berikut adalah beberapa penyebab burung stres yang perlu untuk di ketahui,untuk di antisipati, sehingga hal-hal yang bisa membuat burung menjadi stres bisa di hindari dan burung bisa tumbuh dengan baik.

Cara Mengatasi Burung Stres

Ketika burung peliharaan yang anda miliki sudah terlanjur stres, maka hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan melakukan terapi atau perawatan khusus untuk mengembalikan burung menjadi sehat kembali pasca stres.

1. Terapi Umbaran

Jika anda memiliki kandang yang besar atau kandang umbaran, maka ketika burung masa stres tersebut di pindahkan ke kandang yang lebih luas, agar nantinya burung akan banyak bergerak, seperti terbang-terbang dan melakukan aktifitas lainnya yang bisa dilakukan di kandang besar.

Dengan membuat burung lebih leluasa di kandang umbaran, maka lambat laun burung akan menjadi menurun stresnya, karena banyak melakukan aktifitas, seperti terbang yang memiliki manfaat untuk kesehatan otot sayap dan tubuh bagian lainnya.

2. Isolasi Burung

Isolasi burung stres dimaksudkan untuk membuat kenyaman pada burung dari aktifitas harian yang biasa dilakukan dan dari gangguan hewan atau manusia.

Sambil menyimpan burung di tempat yang nyaman dan teduh, anda bisa sambil memutar suara music terapi agar kenyamanan pada burung tercipta, seperti memutar suara air mengalir dan suara terapi lainnya.
Ketika malam hari, gunakan krodong hingga menutupi sangkarnya, agar burung mampu beristirahat dengan secara full.

3. Berikan asupan protein dan Multivitamin

Memberikan multivitamin dan asupan pakan yang memiliki kandungan protein yang tinggi akan membantu proses pemulihannya. Karena dengan memiliki fisik yang prima, maka akan mendorong burung melakukan aktifitas yang aktif seperti sebelumnya.

Baca juga 6 Ide Bisnis Kreatif Ini Bisa Anda Tiru!

Penutup

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang penyebab, ciri-ciri Burung stres dan cara mengatasinya. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel tentang burung berikutnya.

Leave a Comment